A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Read To Inspire

Posted: May, 20th 2015

Desain Pintar di Sekitar Kita

Pernahkah Anda menemukan benda-benda disekitar yang saking sulitnya untuk digunakan sampai membuat Anda frustasi? Jika pernah, berarti pembuat alat tersebut belum membaca buku ini!

Mendesain sebuah produk memang tidak boleh sembarangan. Selain indah secara estetik, sebuah produk yang baik juga tidak boleh menghilangkan fungsi-fungsi dasarnya sebagai benda pakai. Inilah yang coba dijabarkan oleh Don. A Norman lewat bukunya “The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition”. Menurut Don, desain yang baik bukanlah seperti kotak hitam yang kaku, namun harus dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Dan bukan hanya itu, desain yang baik juga dapat mempengaruhi kebiasaan masyarakat karena secara tidak langsung akan men-drive seseorang untuk melakukan sesuatu.

Buku ini adalah sebuah karya klasik yang diterbitkan kembali dengan banyak penyesuaian penting. Don. A Norman dan bukunya berhasil membuktikan, bahwa ilmu desain yang baik tidak akan lekang termakan zaman. Beberapa pembaca bahkan menyebutkan bahwa buku ini justru lebih relevan dibaca saat ini, dibanding saat pertama terbit dulu.

Siapa saja yang menyukai desain atau berkecimpung di dunia desain produk wajib menyimak pemikiran Don. A Norman di dalam buku ini. Meskipun begitu, siapapun bisa mendapatkan keuntungan dan wawasan yang luas dengan membacanya, karena sesungguhnya tema desain cakupannya cukup luas dan sangat menarik untuk disimak.

 

 

 

Judul Buku :

The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition

Penulis :

Donald A. Norman