A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Read To Inspire

Posted: May, 26th 2015

Teknologi yang Membekas di Otak Kita

Dunia yang kita tinggali sekarang nyaris sesuai dengan apa yang diimpikan oleh banyak orang dalam sepuluh tahun terakhir. Layar LED dimana-mana, informasi instan yang bersliweran dan jutaan orang yang terhubung realtime secara online. Inovasi teknologi di masa ini jelas  menawarkan kesempatan yang lebih luas untuk belajar, bermain dan bekerja. Tapi, benarkah semua itu tidak ada resikonya?

Penting bagi kita untuk menyimak apa yang dijabarkan Susan Greenfield terutama pada bagian-bagian awal buku yang ditulisnya. Mind Change : How Digital Technologies Are Leaving Their Mark on Our Brains mencoba menjelaskan cara kerja otak manusia saat dihadapkan dengan social networking, internet dan juga video games. Semua pendapat Susan disajikan secara menarik dan seimbang, tanpa melupakan data-data dari penelitian yang telah ia lakukan. Contohnya saat Susan berpendapat bahwa sekalipun beresiko, video games bisa meningkatkan kecerdasan motorik dan menyentuh tablet bisa melatih anak-anak berkebutuhan khusus.

Di era dimana orang dewasa menghabiskan waktu 10 jam setiap harinya untuk online dan tablet menjadi benda wajib yang membantu anak bermain dan belajar, buku ini memberikan argumen dari sudut pandang psikologi, sosial dan juga budaya. Membacanya akan membuat kita berfikir lebih kreatif dan bukannya malah frustasi dengan perkembangan yang terjadi saat ini.

Selalu ada sisi buruk dalam setiap hal. Buku ini membuat Anda setidaknya memahami bagaimana teknologi bisa mempengaruhi pikiran kita setiap harinya. Baru setelah itu kita bebas untuk menentukan pilihan : berusaha mengendalikannya atau terseret bersama derasnya arus teknologi.

 

 

Judul buku  :

Mind Change : How Digital Technologies Are Leaving Their Mark on Our Brains

Penulis :

Susan Greenfield

Format :

Kindle, Hardcover, Paperback