A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Feb, 02nd 2015

6 Negara dengan teknologi paling maju

Terciptanya berbagai teknologi canggih di bidang transportasi, telekomunikasi, hiburan maupun kesehatan membuat kita bertanya-tanya, siapa yang memulai semuanya? Tentunya ada banyak faktor yang menentukan berkembangnya teknologi di suatu negara, dua diantaranya adalah faktor sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Lalu negara mana sajakah yang hingga saat ini masih terdepan dalam hal teknologi? Ini dia jawabannya.

 

1. Jepang

Kegigihan orang Jepang dalam berinovasi mungkin juga dipengaruhi oleh seringnya negeri ini dihantam bencana. Kini, Jepang memiliki semua jenis teknologi, dari koneksi internet kecepatan tinggi, jalur kereta api tercepat di dunia, desain-desain mobil terbaru, teknologi robotic, rumah modern dan infrastruktur terbaik untuk mendukung kemajuan teknologi. Bursa saham Tokyo bahkan menjadi salah satu bursa saham terbesar di seluruh dunia.

 

2. Amerika Serikat

New York dan San Fransisco adalah tiga kota dengan teknologi paling maju di Amerika. Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat merajai teknologi internet dan juga telekomunikasi. Silicon Valley juga menjadi kawasan yang paling populer di negara bagian California karena merupakan pusat berkumpulnya perusahaan-perusahaan teknologi raksasa dunia seperti Google, Apple, Facebook, eBay, Intel, Mozilla dan puluhan lainnya.

 

3. Singapura

Luas Singapura yang bahkan tidak sebesar provinsi-provinsi di Indonesia tidak menghalanginya untuk jadi negara dengan teknologi maju. Selain Jepang, singapura termasuk negara tujuan paling populer di Asia. Singapura terkenal dengan bangunan-bangunan pencakar langit dan arsitektur modern seperti Marina Bay Sands. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, IBM dan Hewlett Packard juga punya pusat penelitian sendiri di Singapura.

 

4. Korea Selatan

Bukan hanya melalui K-POP, Korea Selatan juga menghipnotis seluruh dunia dengan kecanggihan teknologinya. Seoul sebagai ibu kota sangat terkenal untuk gaya hidup masyarakatnya yang berteknologi tinggi. Selain itu, Seoul juga merupakan pusat dari banyak perusahaan global ‘jagoan’ Korea Selatan seperti Samsung, LG, Hyundai dan banyak lagi lainnya. Luas Seoul sendiri hanya 0,6% dari luas Korsel, tapi sukses menyumbang hingga 21% dari PDB negara.

 

5. Taiwan

Taipei yang merupakan ibukota Taiwan adalah salah satu pusat keuangan yang paling cepat berkembang di Asia. Taipei juga terkenal dengan kecepatan internetnya yang tinggi. Bahkan negara ini telah merencanakan untuk menggandakan kecepatan menjadi 1 Gbps di seluruh penjuru kota pada tahun 2015 ini. Selain itu, Taipei juga dikenal lewat arsitekturnya yaitu ‘Taipei 101’ sebagai salah satu bangunan tertinggi di dunia.

 

6. Swedia

Negara yang  termasuk dalam jajaran negara kecil Eropa ini memiliki salah satu standar hidup tertinggi di dunia dan terkenal karena atas kualitas pengembangan ilmiah dan teknologi. Komitmen Swedia untuk Research and Development telah membuat para pemimpinnya berfokus pada inovasi. Swedia memimpin khususnya di segmen farmasi dan telekomunikasi. Hal ini juga menerbitkan salah satu dari sejumlah makalah ilmiah tertinggi di dunia berkaitan dengan ilmu kedokteran, ilmu alam dan rekayasa.