A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 08th 2015

Do judge a book by its cover

Judul di atas bukan salah ketik ataupun typo, sudah sejak lama kita diajarkan untuk tidak menilai sesuatu dari kulit luarnya saja. Seperti saat melihat orang dengan penampilan seram, belum tentu dia adalah orang yang jahat. Namun agaknya aturan ini hanya cocok diterapkan untuk manusia saja. Saat bicara mengenai sebuah inovasi produk, ‘kulit luar’ inilah yang justru harus berbicara banyak pada masyarakat luas.

Produk-produk inovatif, khususnya di Indonesia akhir-akhir ini memang diciptakan oleh mereka yang berkecimpung di dunia desain produk. Para desainer produk ini mengolah konsep, mengevaluasi ide dan mengubahnya menjadi penemuan yang nyata dan bisa bermanfaat bagi orang lain. Tentunya unsur seni dan estetika sangat berperan di sini, sehingga tampilan akhir dari produk-produk ini menjadi sangat menarik. Tapi pada kenyataannya, banyak produk-produk asli Indonesia yang dibuat oleh mereka yang tidak punya latar belakang desain. Hasilnya adalah produk dengan ide orisinal yang mengagumkan, tapi dengan finishing ala kadarnya.

Tidak perlu jauh-jauh, sebagai gambaran coba saja perhatikan cemilan khas di beberapa daerah di Indonesia. Dari segi kualitas, makanan-makanan ini tidak kalah dengan buatan produsen ternama, tapi seringkali calon pembeli menjadi tidak yakin karena kemasannya kurang menarik. Tanpa packaging yang menarik, tentu saja hasil yang didapat tidak akan maksimal, karena selain untuk melindungi produk, packaging yang baik merupakan sebuah brand image dari produk itu sendiri. Rumus ini juga berlaku untuk banyak hal, contohnya secanggih apapun suatu penemuan, jika dipresentasikan dengan buruk pasti tidak akan dilirik oleh siapapun.

Semoga makin banyak inovator yang sadar akan pentingnya penampilan suatu produk, agar produk-produk inovatif asli Indonesia semakin dikenal di seluruh dunia. Meskipun bukan segalanya, tapi penampilan luar adalah poin yang cukup penting. Karena suka ataupun tidak, everyone do judge a book by its cover!