A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jun, 03rd 2015

Airboard, Kendaraan Praktis Masa Depan

Jika dihitung-hitung, barangkali manusia tinggal selangkah lagi menuju dunia masa depan seperti yang digambarkan di film-film. Tengok saja penemuan-penemuan inovatif seperti 3D printer, sarung tangan super buatan NASA hingga LCD dengan free form display yang benar-benar memaksimalkan kecanggihan teknologi.

Dunia transportasi pun seakan tidak mau kalah. Setelah kereta super cepat yang dimiliki Jepang, manusia mencoba membuat kendaraan praktis yang bisa membuat penunggangnya melayang-layang di udara. Bukan pesawat atau helikopter dengan ukuran jumbo, kendaraan ini merupakan The World Smallest Aircraft yang hanya bisa dinaiki oleh satu orang.

Kendaraan unik ini dipersenjatai dengan empat turbin berkekuatan tinggi untuk memberikan daya dorong ke atas. Cara kerja ini mirip dengan RC Quadcopter atau drone yang saat ini telah banyak beredar di pasaran. Airboard memang belum 100%  aman, namun kemungkinan jatuh akan diminimalisir oleh pengaturan dari prosessor canggih intel yang dimilikinya. Alat ini bisa menyesuaikan ketinggian normal (1,5 meter) secara stabil dan konstan. Software dari Airboard sudah dirancang khusus dengan gyroscpope dan akselerator yang terintegrasi di dalamnya. Bagaimana cara mengemudikannya? Sangat mirip dengan cara kemudi motor atau lebih tepatnya Segway. Mungkin karena itu pulalah, Anda tidak perlu memiliki lisensi apapun untuk menaikinya.

Seperti halnya drone, Airboard juga menggunakan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Jadi, semua informasi baterai, kecepatan, kompas, dan keterangan lain bisa langsung secara remote. Intel menjamin koneksi keduanya tidak ada delay, sehingga informasi yang diterima akurat.

Meski cocok digunakan untuk bersenang-senang, para pembuat Airboard memiliki visi bahwa benda ini bisa sangat berguna di daerah-daerah bencana, khususnya untuk tindakan penyelamatan dan evakuasi. Bahan yang digunakan juga sangat mendukung untuk kebutuhan tersebut. Bodi Airboard terbuat dari alumunium ringan dan serat karbon yang kuat sehingga tahan di segala kondisi ekstrim.

Alat-alat canggih seperti Airboard ini nantinya akan membuat transportasi manusia menjadi lebih mudah dan praktis. Meskipun demikian, jika tidak digunakan dengan bijak maka semakin hari manusia akan semakin malas. Jika nantinya Anda berencana untuk memiliki alat ini, maka ada baiknya Anda juga membeli sepeda statis atau peralatan olahraga lainnya untuk menjaga tubuh tetap fit.

Source : crowdfundingpr.org, indiegogo.com