A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jul, 09th 2015

Ajang Aksi Para Robot

Apa jadinya jika 24 robot terbaik dari seluruh penjuru dunia dikumpulkan dalam sebuah kompetisi? Perang robot? Bisa jadi, tapi perang yang dilakoni oleh robot-robot super canggih ini ternyata bukan peperangan fisik, melainkan kompetisi menjadi yang tercepat dalam serangkaian tes uji ketangkasan. Inilah kompetisi ajang aksi para robot, DARPA Robotics Challenge.

DARPA Robotics Challenge adalah kompetisi unik yang didanai oleh DARPA atau Defense Advanced Research Projects Agency, United States. Kompetisi ini diadakan untuk mengembangkan teknologi robot darat (ground robot) dari seluruh dunia yang dapat melakukan tugas-tugas rumit dan berbahaya.

Misi yang harus diselesaikan robot-robot ini tidak main-main, semua tantangan yang dibuat merupakan simulasi dari bencana-bencana terberat yang pernah terjadi di seluruh dunia, seperti bencana nuklir 2011 di Jepang.



Meskipun dikendalikan oleh timnya masing-masing, robot-robot ini berada di lokasi yang sama sekali berbeda dengan timnya. Bahkan, untuk membuatnya serupa dengan misi-misi bencana pada umumnya, akan ada juga gangguan radio buatan yang membuat robot-robot peserta DARPA Robotics Challenge ini harus bertindak sendiri dalam beberapa saat.

Dalam kondisi seperti ini, tim teknisi dan robot mereka diberi tugas yang cukup detail, diantaranya : menyetir kendaraan, keluar dari kendaraan, membuka pintu, memasuki bangunan, mencari dan menutup katup khusus, menambus dinding, menyingkirkan puing, memanjat tangga dan tugas-tugas tak terduga yang lain. Ada dua sesi dari kompetisi ini, pada sesi uji coba, masing-masing tugas diberi waktu 30 menit, sedangkan pada sesi final semua tugas itu harus dilakukan dalam waktu satu jam saja.



Pemenang utama dari kompetisi ini mendapatkan hadiah sebesar 2 juta US Dollar dan posisi ini direbut oleh tim KAIST dari Daejon, Korea Selatan. Robot mereka yang diberi nama DRC-Hubo berhasil menunjukkan performa yang mengagumkan dalam menghadapi simulasi bencana dan akhirnya berhasil mengalahkan belasan robot pesaing lainnya.



Bukan hanya besarnya hadiah yang menjadikan DARPA Robotic Challenge ini menjadi sangat ditunggu. Tapi bagaimana masyarakat dunia dapat menyaksikan secara langsung bagaimana robot-robot yang lahir dari tangan manusia, suatu saat nanti akan dapat kembali membantu manusia dalam kondisi-kondisi darurat yang dibutuhkan.

Source : time.com, www.nbcnews.com