A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Apr, 02nd 2015

Anti Sadap Indonesia Kalahkan Amerika dan Eropa

Teknologi anti penyadapan yang dimiliki Amerika dan Eropa memang terkenal canggih, namun untuk beberapa hal ternyata teknologi anti penyadapan buatan Indonesia lebih unggul. Ini terlihat dalam CeBIT, pameran teknologi terbesar di dunia yang diselenggarakan di Hanover, Jerman, Maret 2015 lalu.

Salah satu pabrikan asal Indonesia yang menarik perhatian adalah PT Indoguardika Cipta Kreasi (ICK). Produk mereka diminati pengguna dari Timur Tengah dan Eropa Barat dan memperoleh kontrak senilai US$ 1,5 juta.

ICK mempunyai empat produk anti sadap, yaitu Voice Guard, Chat Guard, SMS Guard, dan TiO Guard. Ketiganya merupakan aplikasi multiplatform yang bisa berjalan di iOS, Android, BlackBerry, dan Symbian.

Voice Guard merupakan layanan aplikasi berbasis VOIP (Voice Over Internet Protocol). Aplikasi ini menggunakan metode pengacakan data (enkripsi), sehingga aman dan terjamin kerahasiaannya.

Chat Guard sendiri adalah aplikasi instant messaging berbasis data yang juga terenskripsi, sehingga sangat aman. SMS Guard adalah layanan SMS anti sadap yang menggunakan private server, dimana setiap data dienkripsi dan melewati private server ICK. Sedangkan TiO (Three in One) Guard adalah perangkat pengamanan yang mampu mengamankan trasaksi suara, fax, dan data melalui kabel telepon (PSTN). TiO Guard juga menggunakan metode enkripsi.

ICK menggunakan AES-256, algoritma standar militer untuk Voice Guard, Chat Guard, dan SMS Guard. Keamanannya sudah diakui di seluruh dunia sebagai standar algoritma enkripsi. Algoritma, protokol, key management, aplikasi dan hardware berenkripsi yang dikembangkannya selain untuk kepentingan pemerintahan sipil, bisa dimodifikasi untuk kepentingan militer.

Produk-produk ICK sangat berkualitas dan kompetitif, dan berkelas dunia. Seluruh produknya dijamin anti audit, anti forensik, dan untraceable (tak dapat dilacak). Kualitas ICK sudah diakui dunia dalam bidang pengamanan data, terbukti dengan dibukanya kantor cabang di Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Teknologi anti sadap yang dikembangkan ICK lebih unggul dibanding buatan Amerika atau Eropa. Apa kelebihannya?

Ahli Indonesia lebih kreatif dan produknya berkualitas. ICK menawarkan konsep customization atau penyesuaian bahkan hingga level algoritma enkripsi dalam produk komunikasi anti sadap. ICK membuat teknologi enkripsi dan anti sadap untuk perangkat mobile dan alat komunikasi radio dua arah (handie talkie).

Jika calon konsumen memiliki algoritma enkripsi yang mereka kembangkan sendiri, teknologi itu dapat ditanamkan ke dalam produk keluaran ICK. Sementara produk sejenis dari luar negeri biasanya enggan melayani hal semacam itu. Atau jika pun mau, biasanya akan dikenakan biaya pengembangan yang besar. Sedangkan perusahaan Eropa atau Amerika sulit melakukan hal tersebut karena mereka sangat kaku dengan patron yang ada.