A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Feb, 11th 2015

Anti-Teknologi untuk yang Kecanduan Smartphone

Seberapa sering Anda membawa-bawa smartphone Anda setiap hari: Pada saat makan siang, perjalanan ke toilet atau bahkan mungkin pada saat hendak tidur?

Jika menggenggam smartphone seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer bagi Anda, maka itu artinya anda sudah mulai ‘kecanduan’ smartphone.  Tidak mau ketinggalan update berita memang baik, tapi bukan berarti mengabaikan kehidupan nyata yang terjadi di sekitar Anda. Karena jika kita sudah tergantung dengan benda yang bernama smartphone ini, maka akan banyak waktu berharga yang habis hanya untuk memandangi layar kecil di genggaman Anda.

Fenomena ini membuat sekelompok orang kreatif menciptakan sebuah benda ‘mirip’ smartphone yang diberi nama No-Phone. Anda tidak salah baca, dengan slogannya ‘Expect Nothing’ The No-Phone ini memang hanya sebentuk material plastik yang berukuran mirip smartphone tanpa fitur apa-apa. Seseorang bahkan membandingkan fiturnya dengan sebuah iPhone. Dalam hal teknologi tentu saja No-Phone kalah telak, namun lihatlah tiga poin terakhir. Bahkan  iPhone pun tidak mampu menyaingi itu.

Benda ini memang dirancang untuk mengurangi ketergantungan seseorang pada smartphone. Dengan bentuk fisik yang serupa dengan smartphone, Anda masih bisa menggenggam sesuatu di tangan sambil tetap berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda. Penciptanya bahkan menambahkan fasilitas ‘selfie’ pada No-Phone ini dengan sebuah cermin kecil. Dengan cermin ini Anda bisa melakukan real time selfie dengan seseorang yang berada di dekat Anda.

Project ini memang berawal dari ide yang gila, bahkan bisa dibilang tidak ada teknologi sama sekali dalam produk No-Phone ini, karenanya ia disebut sebagai sebuah produk yang anti-teknologi. Meskipun begitu, tujuan dari produk inilah yang patut diacungi jempol. Bagaimanapun juga, berusaha menyembuhkan manusia dari ketergantungan akan teknologi adalah sebuah inovasi yang cerdas. Manusialah yang menciptakan teknologi, oleh karena itu jangan sampai kita yang dikendalikan oleh teknologi.