A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Feb, 09th 2015

Aplikasi Pengingat Minum Air

Semakin hari, manusia semakin sibuk. Bahkan sangat sibuk hingga kerap kali melupakan kebutuhan utama tubuh yaitu mengkonsumsi air putih. Kegiatan sederhana ini jika sampai dilupakan tentunya akan merugikan kesehatan, karena seperti yang kita tahu tubuh manusia mengandung cairan hingga 90%. Kekurangan cairan pada tubuh bisa menyebabkan dehidrasi, kurang konsentrasi hingga terganggunya fungsi ginjal.

Pentingnya minum air putih secara teratur menghadirkan sebuah aplikasi mobile yang bernama Aqualert. Aplikasi ini punya ‘tugas’ mengingatkan seseorang untuk minum air setiap harinya. Bukan sekedar reminder biasa, sebelum menggunakan aplikasi ini pengguna harus mengisi data diri dengan lengkap, mulai dari berat badan hingga level aktivitas sehari-hari. Data tersebut akan dikonversi menjadi jumlah minimum air yang harus Anda konsumsi tiap hari. Bahkan Anda juga bisa menyesuaikan kapasitas wadah air yang Anda pakai agar bisa terukur dengan baik oleh sistem.

Agar berfungsi dengan baik, tentunya Anda harus ‘memberi tahu’ aplikasi ini saat Anda minum. Dalam pengaturan awal, pengguna akan diberikan notifikasi setiap satu jam. Fungsi ini sendiri bisa diganti sesuai keinginan penggunanya. Agar lebih ‘manusiawi’, tiap notifikasi dalam Aqualert juga dilengkapi dengan informasi tentang manfaat-manfaat air putih bagi tubuh.

Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan kegiatan mengkonsumsi air putih menjadi lebih menyenangkan. Teknologi memang banyak memudahkan kehidupan manusia, tapi sebagai makhluk yang cerdas dan logis, manusia sebaiknya tidak selalu menggantungkan hidupnya pada teknologi. Jangan sampai kelak ada aplikasi pengingat untuk mereka yang saking sibuknya sampai lupa mandi.