A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 06th 2015

Best Safety Public Apps Asli Indonesia



Kabar menggembirakan datang dari anak-anak muda mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang berhasil memenangkan penghargaan "Best Public Safety App" dalam ajang kompetisi “Public Safety App Challenge” yang diselenggarakan AT&T dan IBM di Silicon Valley, California, Amerika Serikat pada Desember 2014 yang lalu.

Tim yang terdiri dari gabungan 5 mahasiswa ilmu komputer dan 1 mahasiswa geofisika ini mengembangkan aplikasi yang diberi nama Realive. Tim Pengembang aplikasi itu terdiri dari Daniel Oscar Baskoro (project manager), Zamahsyari (programmer), Bahrunnur (programmer), Sabrina Woro A (designer), Fansyuri Jenar (copywriter), serta Maulana Rizki A (data analyst).



Realive merupakan aplikasi hasil pengembangan dari data yang telah diberikan oleh penyelenggara, data tersebut harus diolah terlebih dahulu dan selanjutnya hasil olahan data digunakan untuk proses pengembangan aplikasi. Aplikasi ini berguna untuk menangani kecelakaan secara realtime dan dikembangkan pada Android Wear dan Google Glass. Setelah dikembangkan, hasilnya dipresentasikan dihadapan 7 orang dewan juri dari kalangan profesional dari berbagai perusahaan terkemuka di Silicon Valley.



Dengan aplikasi ini pertolongan bisa langsung dilakukan dengan cepat karena informasi langsung dikirimkan kepada pihak-pihak terkait seperti polisi, pemadam kebakaran atau petugas kesehatan yang berada disekitar lokasi kecelakaan menggunakan perangkat wearable.pada saat terjadinya kecelakaan. Selama proses penanganan korban kecelakaan, petugas juga dapat mengakses informasi terkini mengenai kondisi kecelakaan yang terjadi pada saat itu. Aplikasi ini mampu menyajikan pertolongan terhadap 20 kategori kecelakaan termasuk bencana alam.

Penghargaan ini cukup bergengsi dan membanggakan, dan hal ini membuktikan bahwa Indonesia mempunyai banyak potensi SDM unggul serta mampu bersaing di tingkat internasional dalam bidang teknologi.

Source : chip.co.id, geek.com