A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Mar, 27th 2015

Cymatics : Menikmati Musik Secara Visual

Lazimnya, yang bertugas menikmati alunan nada dan dentuman musik adalah telinga manusia, namun perpaduan teknologi dan ilmu pengetahuan telah sedikit mengubah fakta ini. Sekarang, musik tidak hanya bisa dirasakan oleh telinga secara audio saja, namun juga bisa dinikmati lewat visual. Bagaimana bisa? Inilah konsep yang berawal dari ilmu Cymatic.

Cymatic adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang memperlajari fenomena gelombang dan interaksi gelombang pada suatu medium. Bingung? Sederhananya, ketika Anda memukul tepi sebuah ember berisi air, maka pasti akan muncul gerakan gelombang air didalam ember tersebut. Cymatic mempelajari hal-hal semacam itu, namun dalam cakupan yang jauh lebih luas.

Karena bereaksi terhadap tekanan, maka reaksi ini juga terjadi pada nada dan irama musik. Medianya pun beragam, tidak hanya sebatas air tapi bisa juga serbuk padat, udara, api bahkan sampai listrik! Bentuk gelombang yang muncul juga beragam, sesuai dengan tekanan dan interaksi pantulan.

Barangkali hanya Nigel Stanford yang memikirkan hubungan antara musik, cymatic dan menuangkannya dalam sebuah video klip yang begitu dinamis dan spektakuler. Musisi asal New Zealand ini membuat sebuah aransemen musik modern yang dipadukan dengan keindahan ilmu cymatic.

Dentuman drum, nada-nada piano sampai syntetizer yang dipadukan dengan elemen-elemen dasar seperti air, pasir, api dan listrik sukses menciptakan visual dengan pola-pola yang bergerak sesuai ritme musik. Bahkan di bagian akhir video, Nigel ‘bermain-main’ dengan energi listrik bertegangan cukup tinggi.

Video klip unik dari musisi kreatif seperti Nigel ini seakan membutikan, bahwa sebenarnya tidak ada batasan dalam ilmu pengetahuan, kreativitas dan teknologi. Selama dilakukan dengan “resep” yang unik seperti ini, ilmu pengetahuan pun bisa dipelajari sekaligus dinikmati oleh siapa saja.