A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Mar, 31st 2015

Dari Perangkat Game ke Alat Operasi Bedah

Teknologi  pencitraan medis saat ini memungkinkan dokter melihat organ dalam manusia, namun masih ada kendala ketika proses operasi bedah dilakukan. Dokter bedah tidak bisa menggunakan keyboard dan mouse ketika operasi sedang berjalan, karena tidak steril. Dia hanya bisa memberi instruksi kepada asistennya untuk menggerakkan layar, keyboard, atau mouse. Dan ini tentu saja bisa memecah konsentrasi.

Untuk mengatasi kendala tersebut, sebuah tim dari Microsoft Research Cambridge di bawah pimpinan Helena Mentis mencoba mengubah perangkat game ciptaan Microsoft, Kinect, untuk digunakan sebagai alat bantu operasi bedah. Tim ini telah mencoba menerapkan teknologi pemindai gestur tubuh pada Kinect untuk membantu proses operasi sejak pertama kali Kinect diperkenalkan pada November 2010.

Alat hasil modifikasi ini memungkinkan para dokter untuk menggunakan gestur tubuhnya yang dipindai oleh sebuah sensor untuk menggerakkan, mengubah, atau memperbesar tampilan pada CT scan, MRI, atau alat citra medis yang lain. Dokter bedah bisa ‘menyentuh’ langsung organ tubuh yang sedang dioperasi cukup dengan menggunakan gestur tubuhnya, sedangkan citra organ yang sedang dioperasi terpampang di monitor. Dan karena menggunakan gestur tubuh, tangan dokter tetap steril dan lebih presisi.

“Dengan Kinect, kami dapat merevolusi cara melakukan operasi bedah yang rumit,” kata dr. Tom Carrell dari Guy’s and St. Thomas’ Hospital, London. “Pasien dan tim bedah akan memakan waktu yang lebih singkat di kamar bedah, dan informasi yang dibutuhkan dokter bedah akan lebih terkontrol.”

Kinect yang awalnya disebut Project Natal, merupakan sensor kamera yang dibuat oleh perusahaan Microsoft dan ditetapkan sebagai kontrol untuk Video game platform Xbox 360. Dengan kinect, gamers bisa mengendalikan berbagai macam permainan hanya dengan menggerakkan anggota tubuh seperti tangan dan kaki. Selain kompatibel dengan platform Xbox 360, kinect juga dirancang untuk bisa digunakan pada sistem operasi Windows yang juga merupakan produk dari Microsoft. 

Dengan alat canggih ini, kegiatan-kegiatan fun dan science pun bisa terakomodir dengan baik. Menarik bukan?