A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jun, 23rd 2015

Dunia Digital Yang Menyatu dengan Kenyataan

Saat ini, dimanapun Anda berdiri, teknologi pasti ada di sekitar Anda. Entah yang bersifat informatif dan menghibur seperti televisi, atau bahkan yang melekat pada diri Anda seperti smartwatch. Semuanya diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, dan memungkinkan manusia untuk melakukan hal-hal yang menakjubkan. Canggih? Sudah pasti, tapi bagi para inovator, satu pertanyaan baru akan muncul setiap harinya : Masih bisakah teknologi yang ada saat ini dilampaui?

Inilah yang dijawab oleh ahli-ahli dari Microsoft dengan produk terbarunya : Hololens. Hololens adalah sebuah gadget mirip kacamata dengan kemampuan virtual reality untuk menampilkan benda-benda 3D di sekitar kita. Bedanya, Hololens menghasilkan bukan hanya gambar, tapi juga video dan hologram 3D dan semuanya langsung “melekat” di permukaan benda-benda di sekitar Anda seperti tembok, meja atau bahkan kulkas. Pernah melihat aksi Tony Stark ketika merancang baju Ironman-nya secara hologram? Kira-kira pengalaman seperti itulah yang dihadirkan oleh Microsoft Hololens.



Holographic Processing Unit atau HPPU pada Hololens akan memproyeksikan gambar di lensa pada lingkungan sekitar dan sensor khusus akan membuatnya peka terhadap gerakan tangan, mata serta kepala si pengguna. Selain itu, Hololens juga dilengkapi dengan voice recognition dengan teknologi mutakhir yang memungkinkan kita melakukan semua kontrol lewat perintah suara. Gadget ini bahkan memiliki lensa high-definition see-through holographic dan suara spasial, yang memungkinkan pengguna untuk dapat melihat dan mendengar hologram di sekitar mereka.

Teknologi Hololens juga didukung penuh dalam sistem operasi Windows 10 yang juga diusung oleh Microsoft. Sebagai platform komputasi hologram pertama di dunia, Windows 10 memungkinkan deveoper manapun untuk menciptakan pengalaman hologram secara nyata. Dengan memaksimalkan fungsi Microsoft Hololens, manusia akan menemukan cara-cara baru dalam berkomunikasi dan mengeksplorasi hal-hal personal lainnya.



Sayangnya meskipun canggih Hololens tetap mempunyai kekurangan. Karena hologram yang ditampilkan menempel pada permukaan benda, kita tidak diperbolehkan memakai Hololens sambil berjalan atau melakukan gerakan ekstrim. Jika dipaksakan, proyeksi hologram yang ada di sekitar kita akan menghilang. Hololens juga kabarnya tidak cocok digunakan bagi mereka yang memakai kacamata karena akan mempengaruhi fokus dari tampilan hologram yang muncul.

Meskipun belum sempurna, tapi apa yang dilakukan Microsoft dengan Hololens ini cukup mengesankan. Kita bisa berkomunikasi dengan orang lain secara lebih nyata dan bisa merasakan sensasi hiburan yang berbeda saat bermain video game atau menonton TV.

Bisa dibilang, teknologi yang dibawa oleh Hololens ini akan membuat batas-batas dunia digital dan dunia nyata yang ada sekarang ini menjadi semakin samar.  



Source : www.microsoft.com, www.trustedreviews.com