A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jun, 19th 2015

EcoQube Akuarium yang Merawat Dirinya Sendiri

Ada sebuah kabar gembira dari EcoQube C bagi Anda penggemar ikan hias yang sering merasa repot melakukan perawatan akuarium. Kini, tidak ada lagi kata repot dalam menguras dan membersihkan akuarium atau merawat tanaman hias di dalamnya. Teknologi telah melahirkan akuarium yang bisa merawat diriya sendiri.

Akuarium EcoQube C ini dirancang untuk bisa melakukan sendiri proses perawatan dan pembersihannya. Prinsip kerjanya sebenarnya cukup sederhana, ikan hias diberi makan sehingga kemudian menciptakan kotoran; filter khusus akan menangkap kotoran-kotoran tersebut dan kemudian akan diubah menjadi pupuk bagi tanaman di dalam akuarium. Tanaman ini kemudian membersihkan air dan siklus ini akan terus berulang.

Jadi intinya, Anda cukup sekali saja memasukkan air bersih, kemudian akuarium akan bekerja sendiri membersihkan dirinya. Meskipun begitu, tentu boleh-boleh saja jika Anda ingin mengganti air dalam EcoQube C ini setelah sekian lama.

Akuarium pintar ini cukup portabel karena berbentuk kubus dan berukuran kecil. Masing-masing sisi sepanjang 19,8 cm dengan kapasitas 5,7 liter. Meskipun Anda bukan penggemar berat akuarium dan ikan hias, namun meletakan EcoQube C di meja kerja Anda  bisa menjadi pereda stress yang menyenangkan.  

EcoQube C dibuat oleh Eric Suen dan Kevin Liang, dua orang mahasiswa dari San Diego, AS yang merupakan penggemar akuarium yang bertemu sewaktu duduk di bangku sekolah menengah. Akurium ini sendiri adalah generasi kedua yang  sedang dalam tahap pengumpulan dana dari publik melalui website crowd funding Kickstarter.

“Seiring bertambahnya umur, kami menyadari bahwa tantangan terbesar manusia dewasa ini adalah makanan dan cadangan air, namun bagi sebagai besar kita, isu tersebut asing,” tutur keduanya.

Karenanya itulah mereka berdua memutuskan menggunakan pengetahuan  tentang akuarium untuk memperkenalkan konsep akuaponik dan keindahan ekosistem berkelanjutan kepada sebanyak mungkin orang.  Inilah yang menjadi konsep dari  EcoQube C, yaitu sebagai desktop ekosistem yang mudah dan murah bagi siapa pun, di mana pun.

 

Source : http://aquaponicsfilter.com