A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Apr, 06th 2015

Edible Growth, Media Tanam Siap Makan

Era 3D printing telah dimulai. Sekarang ini, sebuah bentuk tiga dimensi yang rumit bisa dihasillkan secara presisi hanya dengan bantuan program komputer dan sebuah 3D-printer. Lazimnya, teknik printing seperti ini digunakan untuk membuat benda-benda seni atau benda yang bersifat teknis, tapi belum lama ini teknologi 3D printing juga merambah dunia makanan, seperti mesin printer makanan foodini  yang pernah diulas di bianginovasi.com. Sayangnya, banyak anggapan bahwa makanan yang diproduksi dengan teknologi tinggi seperti ini jauh dari kata alami dan sehat. Benarkah?

Hadirnya Edible growth membantah anggapan tersebut. Sesuai namanya, Edible Growth merupakan konsep makanan masa depan yang melibatkan organisme-organisme hidup dalam sebuah ekosistem mini. Bayangkan jika Anda menanam sayuran dalam pot dihalaman rumah.  Pot tersebut beserta tanah dan sayurannya akan jadi sebuah ekosistem bukan? Nah, dengan Edible Growth maka ibaratnya Anda bisa memakan sayuran yang Anda tanam, lengkap dengan media tanam dan potnya sekaligus!

Karena konsepnya edible, maka tentunya bukan pot dari tanah liat yang dimaksud di sini. Sang kreator, Chloe Rutzerveld menciptakan “ekosistem mini” ini dengan bahan-bahan yang 100% aman untuk dimakan. Edible growth terdiri dari beberapa layer, bagian dalamnya terbuat dari edible soil atau media tanam sejenis jelly yang telah ditambahkan biji-bijian dan ragi. Kemudian bagian luarnya yang berlubang terbuat dari adonan roti pizza. Cangkang ini juga dibuat menggunakan printer 3D khusus dari organisasi riset bernama TNO. Uniknya, jika didiamkan selama tiga sampai lima hari, maka makanan ini akan menumbuhan sayuran dan jamur yang bisa langsung dinikmati bersama cangkangnya. Bukan hanya lezat, sayuran yang tumbuh secara alami pada makanan ini juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Bagi sebagian orang, menunggu camilan seperti Edible Growth untuk siap dimakan memang cukup aneh, tapi penelitian membuktikan bahwa tekstur dan citarasa makanan ini justru semakin meningkat setelah beberapa hari. Seperti halnya anggur dan keju yang semakin nikmat jika disimpan dalam waktu yang lama.

Lagipula, kapan lagi Anda bisa menikmati camilan yang unik, fresh, nikmat dan bernutrisi dalam waktu yang bersamaan?