A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Mar, 20th 2015

eFishery: Memberi Makan Ikan Lewat Internet

Belum lama ini ada sebuah startup lokal yang banyak menjadi perbincangan karena banyak menyabet penghargaan, yaitu eFishery.

Startup asal Bandung yang digawangi oleh Gibran Chuzaefah Amsi El Farizyini ini pada tahun 2012 memenangkan penghargaan Young Technopreneur of The Year dari Bank Mandiri, finalis INAICTA tahun 2013, dan pada tahun 2014 menjadi pemenang di GIST BootCamp, Seedstars World Jakarta, dan Get in The Ring. Yang terbaru, pada Februari 2015 ini, eFishery mewakili Indonesia mengikuti babak final Seedstars World di Jenewa, Swiss.

"eFishery adalah sistem cerdas pemberi pakan untuk budidaya ikan dan udang. Alat ini bisa memberi pakan secara otomatis, mendeteksi nafsu makan ikan, serta mencatat dan melaporkan performa pemberian pakannya melalui internet," jelas Gibran. Ia menciptakan eFishery berdasarkan pengalamannya yang pernah menjalani bisnis sebagai peternak ikan lele.

eFishery tidak hanya mengotomatisasi pemberian pakan secara terjadwal dengan dosis yang tepat, namun juga mencatat setiap pemberian pakan secara real-time. Penggunanya dapat mengakses data pemberian pakan kapan pun dan di mana pun secara lengkap melalui ponsel atau tablet yang terhubung dengan internet. Tidak ada lagi masalah over-feeding, pemberian pakan ikan yang tidak teratur, atau pakan yang diselewengkan sehingga berdampak pada kerugian.

Pengaturan untuk eFishery sangat mudah dan bisa digunakan oleh siapa pun. eFishery juga dapat memberikan pakan dengan jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan ikan, dengan penjadwalan yang mudah dan teratur.

Produk eFishery menyerupai mesin khusus pemberi makan yang memiliki sensor pembaca nafsu makan ikan. Sensor nantinya akan mengirimkan waktu makan ikan ke perangkat pengguna dan kemudian langsung bisa diberi pangan cukup hanya dengan mengakses situs eFishery.



Setiap produk memiliki fitur yang berbeda-beda. Ukurannya pun berbeda-beda dengan software yang berbeda-beda pula. Harga jualnya di antara Rp 7-9 juta.

Rama Mamuaya, penggiat startup yang merupakan pendiri blog teknologi Daily Social menyebut 4 alasan besar kenapa eFishery banyak memenangkan penghargaan:
1.    Latar belakang founder yang cocok dengan lingkup bisnis
2.    Bisa dibawa menjadi pemain global
3.    Belum banyak pesaing di industri ini
4.    Pasar yang ada di dunia sangatlah besar