A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 17th 2015

Facebook M, Asisten Virtual Besutan Facebook

Teknologi asisten virtual sepertinya sedang berada dalam masa kejayaan. Tidak ingin tertinggal dari Apple, Google, dan Microsoft, Facebook turut mengembangkan fitur asisten virtual bernama Facebook M. Kabarnya, Facebook M digadang-gadang memiliki kemampuan yang lebih baik dari Siri, Google Now, dan Cortana.

Tinggal di Dalam Messenger

Apabila sekarang Anda sudah mulai menekuri layar Facebook untuk mencari Facebook M, hentikan usaha Anda. Facebook M bisa Anda temukan pada Messenger, aplikasi chatting yang juga dimiliki oleh Facebook. Awalnya, proyek virtual asisten ini bernama Moneypenny. Namun, dua bulan lalu, Facebook akhirnya secara resmi merilis virtual asistennya dengan nama Facebook M.

Anda bisa mengakses Facebook M dengan menekan tombol kecil yang terletak pada bagian bawah aplikasi Messenger. Lalu, sampaikan pesan pada Facebook M mengenai request apapun. Setelah membaca pesan Anda, Facebook M akan mengirimkan beberapa pertanyaan lanjutan yang berkaitan dengan pesan Anda apabila dibutuhkan. Tenang saja, akan ada update yang dikirim oleh Facebook M apabila pesan Anda sudah selesai dilakukan.

Menggunakan Kecerdasan Buatan

Seperti yang dilansir dalam situs IBTimes, David Marcus selaku VP dari Facebook melaporkan bahwa Facebook M didukung oleh kecerdasan buatan bernama Artifficial Intelligence (AI) yang terlatih dan diawasi oleh tim berpengalaman. Teknik lain yang diterapkan dalam Facebook M adalah deep learning, bertujuan untuk mengenali pola dalam jumlah data besar.

Ketika Anda menyampaikan pesan pada Facebook M, AI akan merekamnya. Rekaman tersebut digunakan dalam algoritma deep learning untuk membantu menemukan pola yang bisa digunakan dalam mengambil keputusan tanpa campur tangan manusia. David marcus juga mengatakan bahwa ada kemungkinan Facebook akan merekrut banyak trainer untuk membuat kinerja AI lebih maksimal.

Seperti Berkomunikasi dengan Manusia

Berbeda dengan Siri, Google Now, dan Cortana, Facebook M menyertakan komponen manusia di dalamnya. Apabila AI membantu Facebook M dalam merespon pesan, komponen manusia akan memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian, mengatur rencana perjalanan, melakukan reservasi di tempat makan, hingga memilih hadiah untuk dikirimkan pada kerabat Anda. Menarik sekali, bukan?

Facebook M dapat Anda akses secara gratis melalui aplikasi Messenger. Apabila Anda pernah memperhatikan sistem operasi virtual serupa dalam film Her, kurang-lebih seperti itulah performa dari Facebook M.

Source:
theverge.com
techno.okezone.com
gopego.com