A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 24th 2015

Firman, Calon Doktor Oxford Asal Indonesia

Satu lagi putra bangsa yang membanggakan karena menjadi calon dokter di Universitas Oxford. Kalau bicara kualitas, Universitas Oxford memang menjadi salah satu kampus paling berkualitas dan bergengsi di dunia. Kampus tersebut terletak di Inggris. Dihuni oleh mahasiswa-mahasiswi terbaik dari berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Di usianya yang masih sangat muda, yaitu 24 tahun, Firman sudah kenyang pengalaman. Dari segi penampilan, mungkin pemuda ini tak ubahnya seperti pemuda berusia 24 tahun yang tampak sederhana  dan penuh gejolak kawula muda. Dia pernah menjadi satu dari tiga mahasiswa Indonesia yang magang di organisasi penelitian nuklir Eropa, CERN, di Jenewa, Swiss, pada pertengahan tahun 2013. CERN sendiri adalah organisasi penelitian nuklir Eropa yang sudah bisa dipastikan hanya orang-orang terpilih yang bisa masuk ke fasilitas penelitian dunia tersebut.



Inilah yang membuat pemuda yang bernama lengkap Muhammad Firmansyah Kasim mengejar gelar doktor di bidang fisika hingga ke Universitas Oxford, Inggris. Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini merasa ilmu yang diperoleh masih jauh dari cukup. “Saya mengejar gelar doktor ini karena masih penasaran dengan ilmu fisika,” kata Firman.

Pada saat magang itulah putra Makassar ini mendaftar ke Universitas Oxford. “Diwawancara pagi, siang diterima,” kata Firman yang melakukan penelitian laser plasma dan melakukan eksperimen untuk fisika partikel.

Selain di CERN, Firman juga diterima magang di Universitas Teknologi Malaysia (UTM). “Magang di UTM dan di CERN itulah yang mungkin membantu saya diterima di Oxford,” tambahnya.



Firman mengaku tak akan buru-buru balik ke Indonesia. Dia masih merasa perlu menimba ilmu di luar negeri sebelum mengabdikan diri di Indonesia. “Kemungkinan besar saya masih akan cari pengalaman dulu di luar negeri beberapa tahun soalnya ilmu yang saya pelajari masih belum seberapa.”

Kini Firman tengah fokus dalam melakukan penelitian laser plasma dan eksperimen untuk fisika partikel di Wolfson College, Universitas Oxford. “Inti dari yang saya rasakan dari pengalaman-pengalaman saya adalah tetap berusaha dan berpikir positif,” tutur Firman. Mari kita doakan saja, semoga hasil dari penelitiannya nanti bisa berguna bagi dunia. Semangat, Firman!

Source:
www.dream.co.id