A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 04th 2015

Grace Hopper, Wanita Pemecah Kode

Perkenalkan Grace Hopper, wanita yang menjadi andalan militer Amerika dalam memecahkan kode-kode komputer yang rumit. Lahir di New York, 9 Desember 1906, wanita bernama asli Grace Brewster Murray adalah salah satu pemrogram komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Dia pula lah yang menyusun konsep bahasa pemrograman independen dari mesin yang berujung pada pengembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama.

Peraih gelar sarjana matematika dan fisika dari Vassar College ini sejak kecil dikenal sebagai seorang anak yang selalu ingin tahu. Saat berusia tujuh tahun, Dia mencoba untuk mengetahui bagaimana sebuah jam alarm bekerja dengan membongkar tujuh buah jam alarm sebelum ibunya memarahinya. Hopper meraih gelar master dari Universitas Yale pada tahun 1930 dan pada tahun 1934 dia berhasil meraih gelar Ph.D dalam bidang matematika di universitas yang sama.



Pada tahun 1943 Hopper bergabung dengan Angkatan Laut Amerika Serikat melalui program US Navy WAVES, dan pada 1949, Hopper bekerja sebagai karyawan di Eckert-Mauchly Computer Corporation, menjabat sebagai ahli matematika senior dan bergabung dengan tim pengembang UNIVAC I. Pada tahun 1952, dia menciptakan sebuah kompilator operasional, dan pada 1954 Hopper ditunjuk sebagai direktur pemrograman otomatis perusahaan. Hopper dan departemennya merilis beberapa bahasa pemrograman berbasis kompilator pertama, termasuk MATH-MATIC dan FLOW-MATIC.



Ditahun 1967, walaupun telah pensiun dan berusia 60 tahun, Angkatan Laut Amerika kembali mengundang Hopper untuk kembali aktif bertugas dan diminta membantu membuat standarisasi komunikasi antar bahasa komputer yang berbeda. Dan walaupun hanya diminta kembali selama beberapa bulan, Hopper kembali bertugas selama 19 tahun. Selama waktu itu, dia menjadi juru bicara bagi Angkatan Laut dan sering berbagi pengalamannya disaat-saat awal generasi komputer sekaligus menantang generasi baru untuk mengambil tongkat estafet darinya dan membawanya ke masa depan.

Source: microsoft.com