A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Dec, 29th 2015

Hiburan dan Edukasi di Museum Pixar



Ada banyak sekali ‘keajaiban’ dibalik animasi buatan Pixar yang tidak cukup hanya disaksikan di film saja. Mungkin karena itulah, Pixar memutuskan untuk membangun sebuah museum di Boston, Amerika. The Science Behind Pixar, museum megah ini berisi semua hal mengagumkan yang akan membuat Anda tidak percaya bahwa tempat menarik ini adalah sebuah museum.

The Science Behind Pixar dibangun oleh Museum of Science, bekerjasama dengan Pixar Animation Studios dan didukung oleh National Science Foundation (NSF). Tidak seperti museum lain, ada lebih dari 40 elemen interaktif yang menggabungkan aspek science, technology, engineering dan math dalam museum Pixar ini. Semuanya dirancang khusus agar pengunjung tahu bagaimana rasanya berada dalam proses produksi film animasi Pixar.  



Diawal tour, pengunjung akan disuguhi video perkenalan selama lima menit tentang bagaimana Pixar menerjemahkan sebuah ide menjadi film animasi seutuhnya. Proses tahapan yang biasa dilalui Pixar ini disebut juga dengan pipeline. Tahapan yang harus dilalui dalam proses ini mencakup tahap modeling, rigging, surfaces, sets & cameras, lighting, animation, simulation dan rendering. Masing-masing tahap punya kesulitan dan tantangan yang berbeda, tahapan ini jugalah yang dijadikan tema utama dalam museum The Science Behind Pixar. Pada setiap tahap, akan ada kreator-kreator profesional Pixar yang akan memberikan penjelasan menarik.

Bukan cuma itu, perangkat-perangkat untuk mendukung teknik animasi juga dipamerkan di museum ini. Dalam tahap lighting, Anda bisa mengganti warna pencahayaan dan kecepatan ombak yang diproyeksikan dalam karakter Dory dari film animasi Finding Nemo.  Ada juga komputer touchscreen yang bisa mengubah kecepatan lambaian tangan tokoh-tokoh Monster.Inc. Atau jika penasaran dengan tahapan animation, Anda bisa bermain-main dengan mengatur kecepatan adegan di film The Incredibles.



Uniknya, museum The Science Behind Pixar ini nantinya akan dibawa berkeliling Amerika. Hingga Desember 2015, museum ini masih akan berada di Boston, tapi dalam lima tahun ke depan Pixar akan membawanya ke seluruh Amerika agar makin banyak orang yang memahami proses produksi film animasi Pixar.  

Source : princessleia.com, artludique.com, pixar.com