A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Apr, 18th 2014

Ini Caranya Agar Kita Bisa Selalu Berpikir Kreatif

Bekerja di dalam industri kreatif, mau tidak mau menuntut para pekerjanya untuk selalu berpikir kreatif dan terus menciptakan ide-ide baru. Tapi, bagaimana bisa seseorang mampu menghasilkan ide kreatif setiap saat? Ternyata hal itu mungkin saja terjadi.

Beberapa studi kasus dari para peneliti di luar negeri menyimpulkan bahwa terdapat teknik-teknik yang bisa memancing kreativitas manusia dalam berpikir. Bahkan, cara yang dianjurkan terbilang praktis dan mudah untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ayo simak daftar teknik memancing kreativitas di bawah ini.

  1. Tanya Kepada Diri Sendiri "Apa Yang Bisa Terjadi Jika…?"

    Penelitian yang dilakukan Keith D Markman dan Matthew J. Lindberg dari Ohio University tentang "Pola Pikir Struktural Counterfactual" menghasilkan beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan berpikir kreatif. Pola pikir counterfactual adalah sebuah konsep psikologi yang menciptakan alternatif peristiwa dari kehidupan yang sudah terjadi. Biasanya bertentangan dengan situasi asli. Dengan melakukan teknik berpikir tersebut, Anda bisa menghasilkan ide kreatif dalam waktu yang cukup singkat.

  2. Berdiri dari Kursi dan Ayo Bergerak

    Mungkin terdengar klise jika "bergerak" atau berolahraga seakan menjadi solusi dari semua masalah. Fakta memang tidak bisa dipungkiri ketika hormon endorfin yang dikeluarkan tubuh saat berolahraga bisa memberikan rasa tenang, bahagia, dan mengubah mood menjadi positif. Siapa yang setuju ketika mood kita sedang bagus pasti memiliki ide yang cemerlang?

  3. Pengaruh Mood Sangat Besar

    Sudah sejak lama para ahli psikologi mengatakan kebahagiaan mempengaruhi cara berpikir seseorang. Hal ini semakin diperkuat dengan pernyataan yang dikutip dari American Psychological Association, "Kreativitas akan meningkat ketika emosi positif atau emosi negatif sedang dalam keadaan tinggi." Untuk mengubah emosi menjadi kreativitas memang diperlukan latihan yang cukup.

  4. Merasakan Sesuatu yang Absurd

    Para psikolog sering merekomendasikan cerita Alice in Wonderland bagi mereka yang ingin memiliki pikiran kreatif. Karena membaca, mendengar, melihat, dan merasakan sesuatu yang absurd bisa memancing pola pikir yang beragam. Anda bisa mencoba dengan membaca film fiksi, mendengar music psychedelic, melihat sebuah lukisan abstrak di sebuah galeri seni.

  5. Cobalah Untuk Melamun

    Pikiran yang melayang-layang saat sedang melamun dikenal dengan sebutan meta-awareness dalam dunia sains. Pola pikir ini membantu untuk menciptakan kreativitas. Tapi ingat jangan sampai Anda ditegur atasan karena terlalu banyak melamun.

Kami menyarankan agar Anda bisa mencoba semua cara di atas untuk mendapatkan teknik mana yang paling cocok. Dituntut untuk berpikir kreatif bukan masalah, kini Anda telah tahu teknik di balik itu semua. Selamat Mencoba!

Sumber : sciencedirect.com, lifehacker.com


Yoga Sagama

Posted: Dec, 11th 2014

Makasih infonya :D