A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jun, 05th 2015

Keyboard dari Kertas

Perkembangan teknologi memang selalu berjalan ke arah yang tidak pernah kita duga. Setelah kemunculan handphone tanpa keypad yang jadi idola semua orang dalam 5 tahun terakhir,  keyboard fisik kembali dirindukan dan muncul dalam bentuk-bentuk fisik yang lain. Ada keyboard mini dengan koneksi bluetooth, keyboard dengan teknologi proyeksi laser infra-merah sampai yang terbaru : keyboard yang terbuat dari kertas!  

Teknologi ini dikembangkan oleh sekelompok ilmuwan kreatif dari Cambridge, Inggris yang berada di bawah bendera Novalia. Novalia sendiri memang perusahaan yang mengkhususkan dirinya pada teknologi yang menggabungkan printing dan sentuhan untuk menciptakan ‘smart surfaces’ yang berfungsi sebagai sensor maupun speaker. Inovasi jenis ini banyak digunakan Novalia untuk tujuan hiburan, musik, iklan dan juga pendidikan.

Keyboard super tipis ini dipamerkan pada gelaran CES (Consumer Electronics Show) yang lalu dan cukup banyak menyita perhatian pengunjung. Dilengkapi dengan teknologi bluetooth, printer yang dicetak di atas kertas foto ini dibuat tanpa membutuhkan mesin spesial, cukup proses screen printing biasa, flexography dan offset lithography. Mesin dan bahan-bahan yang digunakan memungkinkan produk inovatif ini dijual dengan harga yang sangat murah yaitu hanya sekitar 10 dollar saja.

Untuk sebuah aksesoris, keyboard kertas ini cukup ringan karena hanya berbobot sekitar 30 gram saja. Untuk kemudahan penggunanya, rancangan keyboard-nya pun menyerupai keyboard konvensional yaitu dengan layout QWERTY. Para desainer-nya pun menyatakan keyboard ini bisa di cetak di atas kertas dengan ketebalan 0.005mm dan masih bisa digunakan sebagai keyboard biasa.

Dengan biaya produksi yang rendah dan penggunaan yang lebih efisien, keyboard kertas ini merupakan inovasi teknologi yang menarik dan patut di coba. Meski begitu, pemilik keyboard seperti ini nantinya harus mewaspadai dua hal sederhana yang bisa cukup berbahaya, apalagi kalau bukan angin dan air.  

Source : www.novalia.co.uk, kickstarter.com, damngeeky.com/