A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Mar, 11th 2015

Lampu (Anti) Galau

Apakah Anda pernah merasa was-was ketika sedang bepergian tapi lupa mematikan lampu di rumah? Atau merasa tidak enak dengan tetangga karena lampu jalan di depan rumah Anda belum dinyalakan padahal hari sudah mulai gelap sedangkan Anda masih terjebak macet? Keadaan seperti ini pastinya bisa menimbulkan perasaan galau atau perasaan tidak menentu yag membuat Anda tidak nyaman.

Kini Anda tak perlu lagi merasa galau, karena kini telah hadir inovasi lampu untuk mengatasi perasaan galau Anda. Berterima kasihlah kepada siswa SMK 1 Bancak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang menciptakan inovasi unik tersebut.

Lampu galau adalah sebuah teknologi remote on-off jarak jauh untuk menyalakan atau mematikan lampu di rumah. Disebut lampu galau karena lampu ini bisa mengatasi kegalauan Anda yang lupa menyalakan atau mematikan lampu di rumah secara otomatis, sedangkan kita sedang berada jauh dari rumah.



Inovasi tersebut memanfaatkan teknologi komunikasi telepon seluler. Cara kerjanya sederhana saja, yaitu dengan memanfaatkan sistem getar yang ada di telepon seluler untuk menyalakan atau mematikan lampu. Alatnya terbuat dari 1 buah telepon seluler, 1 buah transistor, dan 1 buah sekring. Pada saat ditelepon, HP yang berada di rangkaian remote juga bergetar, maka lampu akan menyala dan ketika HP yang satunya ditelepon, maka lampu akan mati.

Awalnya, para siswa mengalami kesulitan untuk membua remote on-off ini, terutama untuk menghubungkan rangkaian listrik dengan HP. Namun setelah beberapa minggu dipelajari, ditemukanlah cara untuk menghubungkan HP sebagai switch on-off dengan rangkaian listrik. Digunakannya dua buah HP untuk menghindari adanya korsleting, jika dua jalur switch on-off disatukan

“Tinggal ditelepon atau misscall, langsung mati lampunya,” jelas Alip, pencipta lampu galau. Tentunya inovasi ini masih sangat muda dan dapat dikembangkan lagi kedepannya. Namun dengan fitur yang ada saat ini saja, lampu ini bisa menyelesaikan banyak problem. Selain mencegah terjadinya resiko terjadinya korsleting yang bisa berakibat kebakaran, lampu galau juga bisa menghemat pemakaian listrik yang tidak perlu.