A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 06th 2015

Lensa Instant Vision



Hal yang merepotkan bagi para pengguna kacamata adalah saat akan mengganti kacamata baru. Ukuran minus yang selalu bertambah menjadikan kita lagi-lagi harus melakukan pengukuran pada mata, belum lagi waktu tambahan yang dibutuhkan mata untuk menyesuaikan ke ukuran kacamata yang baru. Kerepotan yang sama juga dialami oleh para orangtua yang butuh dua jenis kacamata untuk melihat dekat dan jauh.

Untung hal ini akan segera berubah, dengan teknologi baru self-adjusting, kacamata yang kita gunakan bisa secara otomatis mengubah fokus sesuai yang dibutuhkan oleh mata penggunanya.  Cukup dengan sedikit sentuhan atau gerakan kepala.



Menurut Stephen Kurtin, seorang bos perusahaan kacamata, lensa berjuluk Superfocus ini telah tersedia di Amerika dan banyak dimanfaatkan oleh orang-orang tua yang kesehatan penglihatannya telah berkurang. Lensa Superfocus menirukan fungsi dari mata yang sehat, bagian depannya bisa menyesuaikan untuk memperbaiki miopi atau rabun jauh. Bagian belakang lensa punya dua permukaan, satu bagian kaku dan bagian lainnya fleksibel. Kedua permukaan ini dipisahkan oleh cairan bening. Cairan inilah yang bisa diatur lewat slider di gagang kacamata untuk mengubah bentuk dan ukuran lensa.

Versi original dari lensa Superfocus ini digunakan pada kacamata dengan merk EmPower eyewear. Kacamata ini tersedia dalam 12 gaya dan warna. Tapi perusahaan pembuat EmPower, PixelOptics sementara masih “menghilangkan” produk ini dari pasaran sejak tahun lalu. Ini dilakukan agar teknologi ini dikembangkan lebih lanjut sebelum dikenalkan kembali nanti.



Meskipun begitu, teknologi ini masih mempunyai beberapa kelemahan, diantaranya ketepatan ukuran lensa yang belum begitu sempurna dan harga jual yang masih cukup tinggi. Merk Sharp Vision menjual kacamata ini dengan harga $525 dan EmPower menjualnya seharga $1,200.

Apapun itu, kacamata dan lensa dengan teknologi ini bisa sangat berguna bagi masyarakat dunia. Bayangkan penghematan yang bisa dilakukan jika kita mengurangi kunjungan ke dokter mata. Setuju?  

Source : abcnews.go.com, newgizmoblog.com