A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 16th 2015

Main Pong sebelum menyeberang

Menunggu memang bukan hal yang disukai orang, apalagi menunggu giliran untuk menyeberang jalanan yang padat dengan kendaraan. Tapi berkat inovasi dari Amelie Künzler, Sandro Angel dan Holger Michel tiga mahasiswa desain Jerman, menunggu bisa jadi lebih ‘menyenangkan’ dengan permainan ‘Pong’. Bukan sendiri, tapi melawan orang lain di seberang jalan. Menarik kan?

Di Jerman, pejalan kaki cenderung memilih untuk berlari menyeberang jalanan yang ramai kendaraan daripada menunggu lampu keselamatan berubah warna. Masalah inilah yang coba diatasi oleh Actiwait, tim yang dibentuk oleh ketiga mahasiswa kreatif dari HAWK University ini dengan membuat game Pong yang bisa dimainkan oleh pedestrian yang sedang menunggu untuk menyeberang jalan.

Pong adalah sejenis game tenis meja klasik sederhana yang diproduksi oleh perusahaan ATARI dan sempat booming pada tahun 1972 dulu. Actiwait menghubungkan dua traffic light dan menjadikannya console game layar sentuh sederhana sehingga kita bisa bermain dengan seseorang di seberang jalan. Inovasi ini cukup simpel tapi dampaknya cukup besar bagi lingkungan sekitar.

Beruntung, kota Hildesheim menyetujui desain ini dan mengaplikasikannya pada salah satu jalan besar. Terbukti, pejalan kaki yang penasaran langsung mencoba memainkan game pong interaktif ini sehingga ‘lupa’ untuk melanggar peraturan. Apalagi saat menyebrang, kedua pemain akhirnya bisa bertemu sepintas dan saling melakukan ‘tos’. Selain jadi lebih aman dan nyaman dalam menyeberang, seseorang juga punya kesempatan untuk punya teman baru.