A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 17th 2015

Mekanik Unik yang Dapat Bergerak Sendiri

Pernah menonton film Hugo? Dalam film tersebut, ada sebuah robot yang digambarkan dapat bergerak dan menulis sendiri. Hal tersebut ternyata bukan hanya rekayasa fiksi, tapi benar-benar eksis dalam kehidupan nyata dan dikenal dengan nama Automaton. Disebut juga sebagai automata, ia merupakan mesin yang didesain dapat bergerak sendiri tanpa bantuan manusia.

Telah Ada Sejak Zaman Yunani Kuno

Meski terdengar canggih dan mustahil, Automaton ternyata telah hadir sejak zaman Yunani Kuno. Hephaestus dan Daedalus adalah dua penemu yang juga suka menggunakan hasil ciptaan Automatonnya sendiri dalam melakukan pekerjaan mereka. Sejak saat itu, Automaton pun semakin berkembang dari zaman ke zaman dan kepopulerannya terdengar hingga seluruh dunia, terutama Jepang dan Eropa.

Al-Jazari adalah orang yang pertama kali merancang dan menciptakan Automaton saat peradabaan islam, yakni pada abad ke-13. Insinyur muslim tersebut pun dijuluki sebagai “Bapak Robot’. Peradaban islam menjadi perintis dalam teknologi Automaton, mengingat bahwa peradaban islam memang lebih maju tiga abad dalam bidang teknologi robot apabila dibandingkan dengan dunia Barat. Kata Automata digunakan untuk menggambarkan mesin-mesin bergerak yang dirancang menyerupai gerakan manusia atau hewan.

Automaton pertama yang pernah diciptakan oleh Al-Jazari adalah robot yang terdiri atas dua penabuh drum, seorang peniup harpa, dan pemain suling logam. Tujuannya adalah untuk menghibur tamu kerajaan dalam suatu acara jamuan makan. Al-Jazari mengembangkan prinsip hidrolik untuk menggerakkan mesin yang kini Anda kenal sebagai mesin robot. Karya Al-jazari tersebut mampu memainkan beragam irama sehingga mengundang kekaguman dari Charles B. Fowler, seorang seniman musik.

Lebih dari Sekadar Mesin

Kini, banyak orang yang lebih mengenal Automaton sebagai salah satu bentuk karya seni dan memperlakukannya seperti lukisan. Mereka menjuluki Automaton sebagai Kinetic Art. Lebih dari itu, sebenarnya Automaton juga dapat Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Orang-orang Jepang, misalnya, menggunakan Automaton untuk menyuguhkan teh bagi para tamu mereka. Beberapa sekolah bahkan telah memasukkan Automaton ke kurikulum mereka, sehingga murid mendapat kesempatan untuk membuat Automaton mereka sendiri.

Meski kesannya tidak terlalu ramai diperbincangkan, sebenarnya cukup banyak orang yang menjadi kolektor Automaton. Mereka rela mengeluarkan banyak uang demi menambah koleksi. Apabila Anda tertarik untuk membuat Automaton, mungkin hasil karya Anda akan bernilai tinggi di mata para kolektor di kemudian hari nanti.

Source:
masmoi.wordpress.com
azrl.wordpress.com