A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 23rd 2015

Menanam di Planet Mars



Planet Mars adalah satu-satunya planet yang berwarna merah di tata surya. Planet yang paling dekat dengan bumi dan cukup dekat juga dengan matahari. Sudah banyak desas-desus kalau manusia akan punya planet baru sejak NASA melakukan banyak penelitian tentang tanda-tanda kehidupan di Mars. Walaupun sampai sekarang masih belum muncul tanda-tanda kehidupan, tetapi ternyata masih ada kemungkinan untuk bercocok tanam dan menanam di planet Mars.

Bercocok tanam selada di planet Mars

Sekelompok ilmuwan dari Universitas Southampton, Inggris ini punya rencana yang sangat unik, yaitu berkebun selada di planet Mars. Proyek penanaman selada di Mars ini dinamai dengan Lettuce On Mars. Proyek ini merupakan salah satu proyek terbesar dari Mars One yang akan melakukan pendaratan di planet ini pada tahun 2018 mendatang.



Adapun tujuan dari para ilmuwan ini menanam selada di Mars, yaitu untuk menciptakan oksigen. Planet mars yang kadar udaranya banyak mengandung karbondioksida akan menyulitkan manusia untuk bernafas bagi yang ingin berkunjung disana. Selain itu, lapisan atmosfir Mars sangatlah tipis, dengan adanya tanaman diharapkan dapat menambah atmosfir di sana.

Selada di tanam di dalam rumah kaca

Sayur mayur tersebut akan ditanam di dalam rumah kaca yang memanfaatkan cahaya matahari untuk proses pertumbuhannya. Pimpinan proyek ini mengatakan untuk hidup di planet lain, membutuhkan makanan untuk hidup disana. Maka dari itu, ilmuwan ini menanam selada sebagai sumber makanan pertama. Belum pernah ada ilmuwan lain yang mencoba melakukan hal ini, jadi dia sangat bersemangat untuk melakukan misi berkebun di Mars ini.

Proyek ini memerlukan banyak biaya, peralatan yang tidak sedikit dan juga proses juga tidak secepat membalikkan telapak tangan.  Proyek ini membutuhkan sistem aeroponik, biofilter, sistem tekanan gas yang berkekuatan rendah yang seluruh komponen tersebut akan dijadikan satu kesatuan muatan.



Menanam di udara

Tidak hanya itu saja, rumah kaca, air, nutrisi dan sistem untuk proses atmosfernya akan diluncurkan dari bumi. Saat pendaratan di bumi, pesawat antariksa mulai memasok daya, elemen penghangat agar suhu terjaga antara 21 sampa 24 derajat celcius.

Karbon dioksida untuk pernafasan tanaman akan disuling supaya dapat memasuki ruang penanaman. Uniknya, selada ini tidak ditanam didalam tanah, tapi selada akan dibiarkan melayang diudara. Untuk itu, proses ini membutuhkan nutrisi secara aeroponik, yaitu bercocok tanah di udara. Proyek ini secara teknis layak untuk dilakukan. Ternyata, proyek diatas merupakan sebuah kompetisi yang diadakan oleh Mars One. Kompetisi ini diikuti oleh 35 Universitas di seluruh dunia, sedangkan proyek ini masuk dalam 10 besar.

Tidak jarang kalau banyak orang yang berlomba untuk membuat planet Mars menjadi salah satu planet berikutnya yang bisa di huni. Salah satu usaha yang baik dan jitu dengan mengadakan kompetisi seperti ini. Hal ini akan memunculkan ilmuwan tersembunyi di seluruh dunia.

Source: http://www.cnnindonesia.com