A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Dec, 02nd 2014

Menembus Batas dengan Kursi Roda Off Road



Para penyandang disabilitas kini bisa semakin mandiri dengan menggunakan Freedom Chair. Kursi roda off-road ini sengaja dirancang untuk mendobrak batasan bagi penyandang disabilitas. Dengan freedom chair, penyandang disabilitas bisa berjalan-jalan keluar dari jalanan mulus seperti ke taman, pantai, menempuh tanjakan, bahkan off-road di hutan.

Rebecca Adams, Supervisor of adaptive equipment, Tewksbury Hospital, mengatakan, “orang-orang yang duduk di atas kursi roda sebenarnya ingin bergerak sejauh mungkin. Mereka ingin bisa menjangkau tempat yang orang normal biasa lakukan. Tapi, kenyatannya kursi roda mereka tidak akan mampu menembus batas tersebut. Kini, mereka memiliki pilihan untuk mendobraknya.”



Freedom chair bisa dibilang adalah mountain bike-nya kursi roda. Dengan spesifikasi khusus, kursi roda ini mampu menaklukkan medan off-road. Rahasianya? kursi roda ini menggunakan tiga roda yang lebih mudah untuk diajak manuver. Roda belakang menggunakan ban berukuran 26 inci sama seperti yang digunakan di mountain bike. Roda depan berukuran 8.75 inci terbuat dari solid rubber yang kokoh. Untuk mengayuhnya, tersedia dua tuas yang mampu memberikan tenaga dorongan yang lebih kuat dibanding push rims.

Tish Scolnik, Co-founder Freedom Chair sudah menghabiskan waktu 6 tahun untuk pengembangan produk ini. Kursi roda ini adalah generasi kedua setelah kesuksesan tipe pertama. Para pengembang sudah berhasil mendistribusikan belasan ribu freedom chair generasi pertama bagi penyandang disabilitas yang tinggal di negara berkembang. Karena bagi mereka yang tinggal di kampong, biasanya tidak memiliki jalanan mulus yang bisa dilalui kursi roda biasa.



Tidak perlu ragu soal kenyamanan dan keunggulan freedom chair. Hal ini sudah diakui oleh para pengguna kursi roda, dan atlet disablitas di Amerika Serikat. Intinya, kursi roda ini memiliki kecepatan, kenyamanan, dan daya jangkau yang luas.