A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Dec, 05th 2014

Mengiris Besi dengan Teknologi



Dua puluh tahun yang lalu, jika mendengar kata “laser” yang terbayang di benak kita adalah tembakan sinar dari sebuah pesawat luar angkasa dalam aksinya membasmi alien jahat. Kata laser  memang identik sekali dengan teknologi canggih, terbukti dengan fungsinya yang banyak dibutuhkan orang di masa sekarang ini. Memang bukan untuk membasmi alien, namun setidaknya sinar laser bisa diandalkan untuk banyak hal lain.

Bicara asal-usul laser melibatkan banyak nama, Misalnya Ali Javan, William Bennet dan Donald Herriot yang membuat laser dengan media gas helium dan neon pada tahun 1960. Kumar N. Patel membuat laser dengan perantaraan karbondioksida, nitrogen, dan helium pada tahun 1964. Dan pada tahun yang sama juga, Earl Bell membuat laser dengan bantuan helium dan merkuri.

Laser yang merupakan singkatan bahasa Inggris dari Light Amplification by Simulated Emission of Radiation ini adalah mekanisme yang memancarkan radiasi elektromagnetik dalam bentuk cahaya tunggal. Berkasnya sangat kuat hingga bisa membuat lubang pada selembar besi dalam waktu kurang dari sedetik. Kemampuan inilah yang dimanfaatkan oleh dunia industri untuk memberikan bentuk baru pada benda-benda keras. Bahkan pada tahun 1965, tercatat mesin laser cutting pertama yang di uji coba untuk  membuat lubang pada sepotong berlian.



Mesin laser cutting yang ada sekarang ini punya tiga fungsi utama : Memotong (Cutting), Mengukir (Engraving) dan untuk Memberi tanda (Marking). Memotong bahan-bahan metal dengan laser cutting tentunya memberikan kemudahan pada pelaku industri, hasilnya lebih rapih dan pastinya lebih cepat. Begitu pula dengan fungsi mengukir atau engraving, dengan teknik ini tinggi-rendah  permukaan benda bisa diukir sesuai desain yang diinginkan.

Lalu apa saja yang dapat dibuat oleh mesin laser cutting? Banyak! Pop walls yang unik, furniture modern hingga custom architectural. List jawabannya akan sangat panjang dan cuma dibatasi oleh kreativitas penggunanya. Dan seperti mesin-mesin lainnya, teknologi laser cutting hanya sekedar alat bantu. Apa yang dihasilkan sangat bergantung pada konsep dan pemikiran orang dibelakangnya. Karena secanggih apapun teknologi yang ada, tanpa totalitas dan kreativitas maka hasilnya tidak akan maksimal.