A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 21st 2015

Pakaian Pendeteksi Cedera Atlet Difabel

Menjadi difabel atau differently able bukan berarti halangan bagi seseorang untuk menjadi olahragawan. Malahan atlet-atlet difabel ini berani melakukan jenis-jenis olahraga yang ekstrim seperti sit-skiing, wheelchair basketball dan ice sledge hockey, semuanya dilakukan dengan profesional dengan sebuah kursi roda.

Menjadi olahragawan ekstrim ini tentunya punya resiko cedera yang cukup berat. Permasalahannya, bagi atlet difabel, merasakan rasa sakit pada bagian kaki adalah hal yang sulit. Sehingga, biasanya cedera yang mereka alami tidak terdiagnosa dengan baik. Hal ini sangat berbahaya karena jika dibiarkan bisa menyebabkan cedera yang lebih serius.

Untuk itulah Bruise diciptakan. Bruise adalah pakaian pendeteksi cedera yang dirancang oleh Dan Garrett, Ming Kong, Lucy Jung dan Elena Dieckmann. Mahasiswa Royal College of Art London ini membuat sebuah pakaian yang bisa berubah warna ketika terkena benturan, dengan begitu cedera yang dialami para atlet difabel bisa terdeteksi. Pakaian ini terinspirasi oleh kisah atlet ski difabel, Talan Skeels-Piggins yang mengalami komplikasi dari serangkaian cedera tanpa ia sadari.

Teknologi yang digunakan dalam Bruise ini adalah pressure sensitive film, yang banyak digunakan pada mesin dan industri-industri berat lain. Dalam perkembangannya, Bruise juga diuji coba pada aksi atlet-atlet difabel di lapangan untuk memaksimalkan kemampuannya. Material kain yang nyaman dan menyerap keringat membuat Bruise sangat cocok dikenakan oleh para atlet. Lapisan pressure sensitive film juga disematkan di bagian-bagian dengan resiko cedera yang tinggi, lapisan inipun bisa diganti kapanpun dibutuhkan.

Inovasi teknologi memang dibutuhkan di segala aspek kehidupan manusia. Selain banyaknya teknologi untuk kebutuhan hiburan, teknologi untuk kesehatan yang sangat berguna bagi banyak manusia seperti ini juga perlu terus digali dan dikembangkan.