A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Dec, 05th 2014

Payung Tongsis Bikinan Anak Negeri



Dua pelajar MAN 2 Kudus, Jawa Tengah, Nurmila Karimah dan Oze Dora Ilala meraih penghargaan “Special Award” dari ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) lewat karya Fousis Umbrella. Mereka berdua berhasil mengalahkan 300 peserta dari 12 negara di seluruh dunia.

Fousis umbrella merupakan penggabungan dari tiga fungsi yaitu payung, tongkat narsis (tongsis), dan tripod. Konsep ide Fousis Umbrella datang secara tidak sengaja. Saat Nurmila dan Oze sedang bertamasya, mereka ingin berfoto-foto selfie, namun gagal karena hujan turun cukup deras saat itu. Dari pengalaman sederhana itulah mereka berpikir untuk membuat inovasi dari sebuah payung.

Cara mengubah fousis umbrella menjadi tongkat narsis terbilang mudah. Anda tinggal menarik besi tangkai payung untuk melepaskannya dari kain payung. Di ujung tangkai sudah ada kenop untuk dipasang camera houlder. Pasang handphone Anda dan jadilah tongsis!

Sedangkan untuk menjadi tripod. Anda tinggal melepaskan kain payung dan mengatur tangkai besi sebagai dudukan kaki. Fousis umbrella mampu dipakai sebagai tripod untuk kamera DSLR.

Sewaktu pembuatan fousis umbrella, kedua siswi ini sempat mengalami kesulitan khususnya untuk pembuatan tongkat besi multifungsi tersebut. Memasang dudukan untuk camera houlder rupanya bukan hal yang mudah. "Kami sampai keliling-keliling kota untuk mencari orang yang bisa memasangkan kenop untuk tongsisnya. Karena nggak ada yang bisa, akhirnya kami tanya guru pembimbing dan dibantu pihak sekolah," kata Nurmila.

Biaya keseluruhan untuk membuat prototype ini sebesar Rp 150.000. Untuk ke depannya, mereka berdua ingin mencari bahan material lain untuk bagian tangkai, agar bisa menekan biaya produksi sekaligus harga jual.