A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 25th 2015

Pemanas Air Efisien dan Hemat Energi



Banyak hal yang bisa dilakukan ketika anda sedang bersantai setelah seharian beraktivitas, salah satunya menikmati segelas kopi atau teh sambil duduk-duduk dan bercengkrama di teras rumah dengan keluarga. Untuk menikmati lezatnya teh atau kopi, tentu dibutuhkan air panas. Nah, salah satu cara memasak air yang populer adalah dengan menggunakan ketel pemanas elektrik. Cara ini banyak dipilih karena dirasa lebih praktis ketimbang harus memasak air menggunakan kompor.

Permasalahannya, ketel elektrik umumnya membutuhkan listrik yang sangat besar. Dan pastinya, semakin banyak tenaga listrik yang digunakan, tagihan listrik yang harus dibayarkan pun akan semakin membengkak. Namun sepertinya itu bukan lagi masalah, karena start up asal Inggris yang dibangun oleh Jasmina Grase dan Nils Chudy telah berhasil membuat satu produk pemanas air “MITO Electric Kettle” dengan konsep stylish dan ramah lingkungan.



Cara menggunakannya pun sangat mudah, cukup isi gelas dengan air secukupnya, letakkan tepat di atas induction base, dan masukkan smart rod ke dalam gelas. Terdapat sensor temperatur yang ditampilkan lewat layar. Suhu air tergantung permintaan, yang jelas alat ini akan otomatis masuk mode standby ketika air sudah mendidih, jadi anda tidak perlu khawatir air akan habis atau listrik akan boros.

Lahirnya produk MITO ini bermula dari keperihatinan Chudy dengan banyaknya energi yang terbuang saat dia memanaskan air menggunakan ketel listrik tradisional. Lebih miris lagi, hanya sebagian air hasil pemanasan yang digunakan, sisanya terbuang atau dia biarkan kembali dingin.

Awalnya MITO memang hanya karya percobaan dari Grase dan Chudy, tapi setelah satu setengah tahun berjalan, mereka pun sudah siap membuat prototype. Dengan konsep desain dan user experience yang selalu dikulik, mereka juga berkolaborasi dengan ahli di masalah elektrik untuk menghasilkan sistem pemanas yang aman dan ramah lingkungan sesuai dengan apa yang mereka harapkan.



Meski belum diproduksi secara masal, karya ini sudah memiliki empat penghargaan, yaitu James Dyson Award National Winner, Winner of thr Rene Smeets Award, Winner of 1776 Challenge Cup Berlin, dan mendapat nominasi sebagai Design of the Year 2015. Yang jelas memasak air akan semakin menyenangkan dengan pemanas air elegan ini. Selain itu kita juga bisa memanaskan air sesuai jumlah yang kita inginkan. Praktis dan pastinya hemat energi!

Source: hiconsumption.com