A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 21st 2015

Penemu 4G LTE Asli Kota Kediri

Di Indonesia, tekhnologi teknologi Long Term Evolution (LTE) baru dikenal sejak tahun 2014. Sementara di negara-negara maju di luar sana, tekhnologi tersebut sudah bisa dinikmati sejak lama. Terlepas dari itu, kita patut bangga karena di balik teknologi 4G LTE, penemunya adalah orang Indonesia, yaitu Dr. Eng. Khoirul Anwar. Dia merupakan penemu sekaligus pemilik paten teknologi 4G berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Pria kelahiran Kediri 1978 ini menciptakan sebuah teknologi transmitter yang saat ini lebih dikenal dunia dengan sebutan teknologi 4G. Teknologi broadband ini menjadi standard internasional ITU, baik untuk sistem teresterial (di bumi) maupun satelit (di luar angkasa).



Sejak kecil, Khoirul memang punya minat tinggi terhadap sains. Hampir semua buku-buku sains dilahapnya. Di sela-sela waktu belajarnya, Khoirul kecil sangat suka membaca buku teori ilmuwan ternama seperti Albert Einstein dan Michael Faraday, dia bermimpi tinggi ingin menjadi the next Einstein dan Faraday yang bisa menciptakan teori baru di masa mendatang.

Cita-citanya nyaris gagal karena terbentur sulitnya keadaan. Sepeninggal ayahnya, Khoirul berusaha keras menghemat pengeluaran agar ibunya tak terbebani. Dia sempat jatuh sakit karena terlalu irit makan. Prestasinya di sekolah pun menurun. Tapi semua jerih payah itu terbayar ketika pada akhirnya dia lulus Teknik Elektro (Telekomunikasi) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2000 sebagai salah satu wisudawan terbaik. Diteruskan dengan merampungkan S2 di NAIST (Nara Institute of Science and Technology) pada 2005 dan S3 di kampus yang sama pada 2008.



Mungkin sudah nasib para ilmuwan, ketika mereka mengemukakan teorinya, seringkali dianggap gila. Ini juga yang dialami Khoirul. Sejumlah pakar teknologi mengganggapnya 'gila' saat dia menjelaskan teorinya pada 2005 di Hokkaido, Jepang. Walau begitu, berkat “kegilaannya” kini internet berkecepatan tinggi bisa dirasakan banyak orang termasuk di Indonesia.

Setelah banyak berprestasi di Jepang, Khoirul mengaku menyimpan keinginan untuk kembali ke Indonesia. Sosok cemerlang itu ingin pulang ke pangkuan Ibu Pertiwi ketika sudah menjadi salah satu tokoh terkemuka di bidang telekomunikasi di dunia.

Source : soulofjakarta.com, dazeinfo.com