A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 05th 2015

Perangkat Canggih Untuk Memahami Anjing



Banyak yang percaya bahwa anjing memiliki kepintaran dan kesetiaan yang tinggi kepada pemiliknya. Selain sering digunakan untuk melacak jejak dan menjaga rumah, hewan berkaki empat itupun memiliki kepintaran-kepintaran lain yang berguna bagi manusia, salah satu kepintaran lain yang dimilikinya adalah mampu menunjukan pemahaman atas kosakata yang terdiri dari 1.000 kata, kepintaran itu dimiliki oleh seekor anjir jening broder collie bernama Chaser. Bukan hanya itu saja, Chaser pun disebut-sebut memiliki kemampuan untuk memahami unsur-unsur bahasa yang lebih kompleks seperti tata bahasa dan kalimat.    

Anjing memang dipercaya mampu memahami manusia (pemiliknya) dengan baik, sementara hal tersebut tidak berlaku kebalikannya. Relasi antara manusia dan anjing memang nampak tidak seimbang, oleh karena itu, para penemu di Swedia yang tergabung dalam Nordic Society for Invention and Discovery sedang berusaha mengembangkan “perangkat” yang bisa menjembatani kesenjangan komunikasi tersebut.



Perangkat itu nantinya akan diwujudkan dalam bentuk headset ringan yang dilengkapi sensor electroencephalogram (EEG), yang dilansir mampu merekam aktivitas otak hewan. Konsep ini disebut No More Woof. Nantinya, perangkat ini akan mampu menyimpulkan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh hewan dengan cara menganalisis perubahan pada otak secara terkini (real-time). Melalui pengeras suara yang terdapat dalam perangkat tersebut kita bisa mengetahui apa yang ada di pikiran anjing. Dari perasaan 'lelah' hingga 'rasa penasaran' yang sedang dirasakan oleh hewan tersebut.

Untuk melakukan penelitian lebih lanjut dalam rangka menguji kelayakan gagasan itu, para tim pengembang telah meluncurkan kampanye penggalangan dana di Indiegogo.com . Dengan donasi sebesar US$ 65, para donatur memiliki kesempatan untuk mendapat versi beta dari perangkat yang akan diciptakan tersebut, yang diprogram untuk membedakan antara 2-3 pola pikir, seperti kelelahan, kelaparan, rasa ingin tahu—yang semuanya itu telah dikomunikasikan dalam bahasa Inggris.



Per Cromwell mengakui, konsepnya masih berupa eksperimen. Ada juga disclaimer dari pengembang di situs Indiegogo yang tegas menyatakan bahwa No More Woof masih dalam pengembangan. Tak dijamin bisa bekerja. "Saat memulainya kami tak tahu apakah itu akan berhasil atau tidak," katanya dalam e-mail. "Dan sampai batas tertentu kami masih mencoba untuk membuatnya bekerja.".

Source : Nordic Society of Invention and Discovery