A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 05th 2015

Perangkat Kecil untuk Membuat Hal Besar



Setiap harinya, kita dimanjakan dengan ribuan jenis gadget yang membanjiri pasaran. Baik itu berupa smartphone, tablet atau smartwatch yang sedang populer. Meski semua gadget tersebut hadir dengan fitur-fitur yang mempermudah aktivitas manusia, ada satu hal yang masih belum bisa dipenuhi yaitu menuntaskan rasa penasaran manusia akan perancangan gadget itu sendiri. Inilah konsep awal dari Rephone, modul mini yang bisa digunakan untuk membuat gadget sendiri!

Di Maker Faire New York yang lalu, sekelompok inovator yang tergabung dalam Seed Studio memperkenalkan sebuah alat bernama Rephone. Rephone adalah modul multifungsi yang memungkinkan Anda untuk menciptakan gadget mini sendiri. Salah satu yang paling menarik adalah paketnya yang bisa digunakan untuk membuat ponsel dengan bodi kardus yang lucu. Itu baru satu, jika Anda cukup kreatif, Anda bisa membayangkan, merakit sampai membuat gadget apa saja yang berbasis seluler.



Contohnya, dari sebuah modul Rephone ini ada yang membuat kalung anjing untuk menemukan dan memanggil hewan peliharaan tersebut untuk pulang. Ada juga yang mengikatkannya pada layang-layang untuk mendapatkan pengukuran telemetri secara real-time. Telemetri sendiri adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengukuran dan pelaporan informasi dari jarak jauh. Rephone dilekatkan pada pintu,  lampu, meja atau apapun untuk menciptakan hal-hal baru.

Projek ini pertama diluncurkan di portal crowdfunding Kickstarter dengan nilai sumbangan yang diharapkan sebesar 50 ribu dollar. Nilai ini tampak kecil jika dibandingkan projek-projek Kickstarter lain karena Seed Studio sendiri telah berpengalaman menyediakan modul-modul seperti ini selama hampir  tahun. Seperti projek-projek sebelumnya, Seed Studio juga merancang modul ini secara open source agar bisa dikembangkan oleh setiap orang yang berminat.

Inti dari perangkat unik ini adalah modul sederhana dengan koneksi radio GSM dan Bluetooth Low Energy.  Teknologi ini memang tergolong cukup sederhana, tapi menurut para pembuatnya, koneksi 2G sudah lebih dari cukup untuk menjalankan perintah-perintah sederhana seperti membuka pintu secara otomatis.



Rephone dirancang untuk bisa bekerja dengan bahasa pemrograman yang umum seperti Arduino, Lua dan Javascript. Namun jangan khawatir, hal yang paling seru adalah, Anda tidak perlu menjadi seorang programmer sungguhan untuk bermain-main dengan modul Rephone ini. Seperti yang telah dijelaskan di atas, paket awal Rephone sudah dilengkapi dengan semua hal yang Anda perlukan untuk membuat ponsel sederhana. Mulai dari layar sentuh mini, kardus untuk bodi ponsel sampai benang untuk mengikat bentuknya. Menarik bukan?

Source : www.theverge.com