A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 25th 2015

Perisalah, Notula akurat serba otomatis



Bagian yang paling merepotkan dari sebuah rapat adalah mencatat poin-poin penting untuk digunakan kembali di kemudian hari. Orang yang melakukan tugas ini bisasanya harus mempunyai kemampuan menulis atau mengetik yang baik agar tidak ketinggalan informasi-informasi penting. Memang, banyak juga yang sudah melakukannya dengan sedikit modern, yaitu dengan merekam audio. Namun setelah itu biasanya rekaman harus diputar ulang untuk kemudian dicatat kembali, sama repotnya bukan?

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PT. INTI mencoba memecahkan masalah klasik in dengan merancang sebuah alat bernama “Perisalah”. Perisalah adalah sistem pengenal sinyal audio yang bisa membantu pembuatan risalah dan resume pertemuan secara otomatis. Perisalah merupakan sebuah sistem canggih yang bisa merekam, merangkum dan menyimpan hasil dari pembicaraan penting dalam bentuk teks. Dengan alat ini, maka resiko hilangnya data-data penting maupun resiko kesalahan-kesalahan pencatatan selama rapat akan dapat diminimalisir.



Input yang digunakan oleh alat ini adalah audio langsung melalui microphone di tempat rapat. Data ini akan dikirim ke security box terlebih dahulu agar data tetap aman. Kemudian data yang sudah di transkrip akan masuk ke Perisalah dan akan di proses secara rapih  menjadi hasil ringkasan yang baik. Perisalah juga di desain agar dapat mentranskrip data audio berbahasa Indonesia maupun Inggris dari beragam format seperti wav, flv dan mp3.

Dengan menggunakan Perisalah, pastinya kita akan mendapat banyak keuntungan. Seperti waktu pemrosesan hasil rapat yang lebih cepat dan efisien, meminimalisir human error, hasil rapat tersimpan dengan aman dan hasil datanya bisa tersimpan dengan rapih. Meskipun demikian, alat ini mempunyai beberapa kekurangan diantaranya kapasitas penyimpanan data yang cukup besar. Untuk satu kali rapat berdurasi panjang, Perisalah kira-kira menghabiskan data sebanyak 1 GB.



Karena masih diproduksi secara terbatas, Perisalah otomatis yang terdiri dari microphone control, software dan server-nya ini dijual dengan harga yang cukup tinggi. Yaitu 200 juta untuk tipe single room yang hanya mampu menerjemahkan pembicara dalam satu ruang dan 500 juta untuk tipe multi meeting room yang bisa bekerja di banyak ruangan. Perusahaan / hotel yang membutuhkan alat ini tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan masing-masing.

Source: www.kaskus.co.id, www.bppt.go.id