A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 21st 2015

Perumahan Masa Depan

Seperti apakah gambaran kota masa depan menurut Anda? Gedung-gedung futuristik yang menjulang, robot-robot canggih penyapu jalanan atau mungkin tetangga saling menyapa di dalam mobil yang melayang di atas aspal? Jangan dulu terlalu jauh berimajinasi, karena saat ini pun di Jepang sedang dikembangkan konsep perumahan pintar masa depan yang diberi nama Fujisawa Sustainable Smart Town.

Terdiri dari 120 rumah yang nyaman dan tidak terlalu mewah, perumahan kecil ini mungkin tidak sesuai dengan apa yang ada di bayangan kita tentang masa depan. Tapi komplek hunian yang dibangun di kawasan Fukugawa, Yokohama ini merupakan projek ramah lingkungan yang mengoptimalkan sinar matahari sebagai sumber energi. Setiap rumah sudah dipasangi solar panel sebagai penghasil energi, bateri pengumpul energi, dan peralatan rumah tangga hemat energi, seperti lampu LED hingga pendingin ruangan. Selain itu, sistem pengolahan limbah rumah tangga juga dimanfaatkan sehingga air tidak terbuang sia-sia.

Jarak antar rumah dan letak jendela diperhitungkan supaya tidak menghalangi aliran udara agar tidak terlalu panas. Pemukiman ini juga punya area hijau dan zona bebas kendaraan bermotor, selain itu setiap rumah di Fujisawa Sustainable Smart Town juga dirancang tahan gempa sesuai standar pemerintah. Meski setiap rumah dirancang tanpa pagar dan tanpa gerbang di bagian depan komplek perumahan, Fujisawa Sustainable Smart Town dilengkapi dengan 47 kamera CCTV yang bisa diakses setiap penghuni sehingga menimbulkan rasa aman.

Dengan sistem pengelolaan energi yang ada, pemukiman ini ditargetkan bisa menurunkan emisi Co2 sebanyak 70%, menghemat air sampai 30%, meningkatkan pemakaian energi terbarukan sampai 30%. Dengan keunggulan ini, jika terjadi bencana penghuninya diharapkan bisa bertahan hidup selama kurang lebih tiga hari.

Tomohiko Miyahara dari Fujisawa SST Management Company menjelaskan, seluruh kota sejak awal dirancang bukan hanya lebih hemat energi, tapi juga membuat seluruh penghuninya menjadi komunitas yang akan menumbuhkan kota itu nanti. Sebagai kota pintar, lima pelayanan yaitu energi, keamanan, mobilitas, kesehatan dan komunitas selalu dikedepankan dalam pembangunan pemukiman ini.

Kota masa depan yang baik memang bukan berarti yang serba canggih, tapi yang bisa memenuhi segala kebutuhan penghuninya tanpa mengabaikan aspek-aspek kelestarian lingkungan. Semoga kota semacam ini bisa segera diwujudkan di Indonesia ya!


Arief Fakhruddin

Posted: Jan, 24th 2015

Keren.. Saya pernah berkhayal tinggal di dalam komplek hunian semacam ini, tidak perlu mewah namun segala kebutuhan penghuninya terpenuhi, dan penghuninya bisa berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan asri.