A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 08th 2015

Pesan Big Hero 6 buat para Inovator

Akhir tahun lalu, dunia layar lebar kembali diwarnai oleh film animasi menarik garapan Walt Disney Animation Studios dan Marvel comics. Bukan kualitas animasi yang super detail dan alur ceritanya yang akan dibahas ditulisan ini, melainkan sentuhan science dan inovasi yang ada di dalamnya. Film bertema robot ini untuk anak? Sudah pasti. Terlalu imajinatif dan mengada-ada? Belum tentu.

Film yang bercerita tentang perjuangan Hiro dan teman-temannya dalam mengungkap pembunuh kakaknya ini memang penuh dengan nuansa teknologi. Lihat saja senjata yang dimiliki teman-temannya, semua merupakan pengembangan dari penemuan mereka sendiri. Wasabi menciptakan pisau listrik dari penemuan sinar plasma-nya, Gogo Tomago yang menciptakan sepeda super cepat dengan roda berporos magnetik dan Honey lemon dengan tas penuh unsur-unsur kimia sesuai tabel periodik yang bisa diubah menjadi bom unik berbentuk bola. Tentu saja yang paling menonjol adalah Baymax, robot perawat yang dirancang untuk merawat dan menyembuhkan manusia. Meskipun nampak berlebihan, tapi suatu saat nanti mungkin robot seperti ini akan benar-benar ada. Buktinya saat ini saja banyak robot yang dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan kedokteran.  

Penonton mungkin akan dibuat terkesima oleh kisah seru yang berpadu dengan animasi dan spesial efek mengagumkan, tapi ada dua pesan penting yang bisa jadi panduan bagi para calon inovator muda Indonesia. Yang pertama adalah semangat “pantang menyerah”. Dalam merancang Baymax si robot penyembuh, diceritakan bahwa Tadashi mengalami 84 kali kegagalan. Kelihatannya sepele, tapi memang pada kenyataannya tidak ada satu pun penelitian atau rancangan yang sukses pada percobaan pertama. Jadi dalam hal menciptakan sesuatu, punya sifat pantang menyerah memang wajib hukumnya.

Yang tidak kalah penting adalah pesan tentang bagaimana kita menjaga dan melindungi hasil karya kita saat karya tersebut sudah jadi. Kasus yang terjadi pada Hiro di film Big Hero 6 adalah microbots ciptaannya dicuri dan diproduksi secara massal oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Hal seperti ini bukan cuma ada di film saja, di kehidupan nyata kasus pencurian ide ini banyak terjadi dan patut diwaspadai karena pasti akan merugikan banyak orang.

Sesekali, mereka yang tertarik dengan science dan teknologi perlu juga menonton hiburan berbobot seperti film Big Hero 6 ini. Buat yang penasaran dan belum sempat melihat aksi Hiro dan robot canggihnya, tunggu saja sampai DVD –nya beredar, tapi ingat jangan beli yang bajakan ya!