A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Nov, 05th 2015

Piring Pendeteksi Kalori



Dalam hidup seseorang, pasti ada suatu masa dimana kita memperhatikan betul takaran makanan yang akan kita santap. Baik demi mengurangi berat badan maupun untuk menjaga kesehatan. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa asupan gizi yang berlebihan pada tubuh bisa berpengaruh pada kesehatan, tapi untuk bisa mengatur porsi makanan yang ideal ternyata dibutuhkan pengetahuan khusus. Lalu apa yang harus kita lakukan?

Para peneliti dari General Electric baru-baru ini mengembangkan sebuah alat praktis yang bisa mengukur jumlah kalori dalam sebuah hidangan hanya dengan menekan satu tombol. Matt Webster, seorang ilmuwan senior di GE pertama kali menemukan ide untuk pengukur kalori universal ini pada tahun 2009.       



Webster dan timnya kemudian mengembangkan teknologi ini pada sebuah piring. Piring ini otomatis menghitung kalori dari makanan yang diletakkan di atasnya berdasarkan berat fisik, kandungan lemak dan juga kandungan air. Teknologi bernama microwave spectrometry ini sebelumnya digunakan untuk mengontrol proses pembuatan makanan kemasan. Setelah 50 kali ujicoba, baru teknik ini bisa digunakan untuk mengukur kalori dengan ketepatan 5 sampai 10 persen. Meskipun teknologi yang digunakan cukup rumit, tapi Anda tidak perlu khawatir. Dalam waktu beberapa detik saja, kalori dari seporsi makanan yang Anda letakkan di atas piring ini langsung bisa diketahui.

Saat sudah diproduksi nanti, piring pendeteksi kalori ini akan menjadi alat yang sangat berguna bagi manusia. Apalagi saat British Medical Journal mengeluarkan penelitian pada tahun 2013 yang menyebutkan bahwa 2/3 orang yang makan di restoran cepat saji tidak pernah memperhatikan asupan kalorinya.   



Meski cukup potensial, tapi nampaknya piring dari General Electric ini masih butuh beberapa tahun lagi untuk penyempurnaan. Nantinya, piring seperti ini akan menjadi alat kesehatan yang umum, seperti halnya fitness tracker atau timbangan pada umumya. Dengan harga jual 200 sampai 400 dollar, maka kelak manusia akan berhenti terlalu serakah dalam mengonsumsi makanan.

Sampai alat ini mudah ditemukan di pasaran, maka ada baiknya kita mulai menjaga asupan kalori secara manual dulu ya!

Source :  dailyburn.com , vice.com , creapills.com