A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 09th 2015

Printer Makanan Pertama di Dunia

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar kata printer? Pasti tidak lepas dari yang namanya dokumen kantor, gambar brosur sampai spanduk berukuran jumbo. Tidak salah memang, tapi teknologi saat ini jelas akan mengubah pandangan kita soal mesin cetak yang dulu kita kenal. Printer kini tidak hanya mencetak tulisan diatas kertas, ia bisa mencetak gambar, mencetak di atas baju bahkan makanan!

Inilah Foodini, printer pertama yang diciptakan untuk mencetak makanan. Diberi nama ‘Foodini’ mengikuti pesulap legendaris Harry Houdini, Alat canggih ini juga bisa ‘menyulap’ bahan-bahan segar menjadi makanan dengan bentuk yang kita inginkan. Menurut Lynette Kucsna, pendiri Natural Machines (perusahaan pembuat Foodini), printer ini berfungsi seperti mesin cetak 3D pada umumnya, hanya saja karena material yang dikeluarkan adalah material yang bisa dimakan maka hal-hal seperti temperatur, konsistensi dan tekstur harus lebih diperhatikan.

Proses mencetaknya pun cukup cepat, sekitar 20 menit. Tentu saja bergantung kerumitan bentuk makanan yang dibuat. Tapi sebenarnya, fungsi Foodini di sini hanya untuk mencetak saja, terutama bentuk-bentuk yang rumit seperti pizza spiral atau kue lucu berbentuk dinosaurus. Setelah makanan dicetak, kita tetap harus memasaknya dahulu. Meskipun canggih, tapi memang tidak ada yang benar-benar serba instan.

Nantinya, Natural Machines akan bekerjasama dengan perusahaan produsen makanan dan akan membuat kapsul berbagai macam varian bahan makanan yang bisa digunakan pada Foodini. Versi awal mesin pencetak makanan ini akan dijual bebas pada akhir tahun 2015 dengan harga yang cukup tinggi. Namun bagi penggila kuliner sekaligus pecinta teknologi, tidak ada yang terlalu mahal untuk merasakan sensasi memasak dengan sebuah mesin ‘ajaib’ seperti Foodini.