A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Apr, 07th 2015

Project ARA, Upgradeable Smartphone

Ingatkah di masa kecil dulu, saat Anda asyik bermain dengan mobil-mobilan Tamiya? Meski hanya mobil mainan, tapi butuh keahlian khusus untuk memodifikasi Tamiya agar larinya semakin kencang dan tetap stabil. Kesenangan yang sama mungkin akan dirasakan oleh mereka yang hobi bongkar-pasang komputer. Dengan mengganti part komputer secara tepat, kita bisa mendapatkan performa komputer sesuai dengan yang kita inginkan. Nah, sekarang bayangkan jika Anda bisa melakukan hal yang sama dengan smartphone!

Tidak perlu khawatir, project terbaru dari Google dengan nama  “Project Ara” yang diumumkan awal tahun ini bisa mewujudkan itu semua.  Dengan project ini, intinya Anda bisa mengganti modul pada smartphone yang sudah ada untuk memaksimalkan performanya. Jadi, jika suatu saat Anda merasa kurang puas dengan spesifikasi smartphone Anda, tidak perlu membeli smartphone baru, cukup upgrade salah satu bagiannya saja.

Anggaplah Anda seorang penggila mobile photography yang kurang puas dengan kamera beresolusi 8 megapixel, maka tinggal ganti modul kamera Anda dengan yang lebih tinggi. Cara menggantinya pun mudah, modul bawaan yang melekat dengan magnet tinggal dilepas dan diganti, bahkan tanpa mematikan perangkat smartphone. Kemudahan seperti ini mengingatkan kita akan permainan Lego yang juga bisa dibongkar pasang.

Meskipun begitu, tidak semua bagian pada Project Ara bisa di “bongkar-pasang”. Bagian-bagian inti seperti modul display dan CPU tidak bisa diganggu-gugat. Hal ini dimaksudkan agar daur hidup dari perangkat smartphone ini nantinya akan lebih lama.  Dengan begitu, limbah elektronik juga akan berkurang.

Nantinya, Project Ara ini akan menggunakan sistem operasi android Lolypop yang dimodifikasi dan rencananya akan dirilis ke publik pada kuartal kedua tahun 2015. Project Ara merupakan smartphone modular yang mungkin tidak bisa terwujud di masa lalu. Namun dengan kemajuan teknologi sekarang, ide ini bisa segera menjadi kenyataan dalam waktu yang singkat. Para pengguna Android pun akan bebas memaksimalkan kinerja smartphone sesuai kebutuhannya dengan kemungkinan yang tidak terbatas.

Produk ini akan dipasarkan dengan harga sekitar 50 US$. Murah? Jangan salah, harga tersebut hanya untuk modul dasarnya saja atau yang disebut “gray phone”. Untuk modul tambahannya, tentunya kita harus merogoh kocek lebih dalam lagi.

Terlepas dari harganya, Project Ara merupakan sebuah project yang sangat menarik dan patut ditunggu oleh para pecinta gadget dan teknologi. Hanya saja, produk semacam ini sebaiknya dijauhkan dari tangan anak-anak. Jika tidak, bisa-bisa smartphone seharga belasan juta rupiah ini malah akan jadi mainan Lego buat mereka.