A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Feb, 04th 2015

Robot Pembuat Mie dari China

Menikmati semangkok mie dengan kuah yang hangat bagi masyarakat China mungkin adalah sebuah keharusan. Rakyat China sendiri menganggap mie sebagai simbol kehidupan yang melambangkan rasa syukur seseorang karena diberikan umur yang panjang. Oleh sebab itu, mie banyak dihidangkan dalam acara-acara perayaan ulang tahun.

Namun kenaikan biaya tenaga kerja di China saat itu membuat beberapa pemilik restoran mie kebingungan, sampai hadir sebuah teknologi robot yang didesain khusus oleh Cui Runguan untuk membuat mie. Sesuai nama penciptanya, robot ini diberi nama Chef Cui, sebuah chef robot yang bertugas memotong adonan menjadi lembaran-lembaran mie yang siap untuk dimasak.  Tajamnya pisau yang terdapat di ‘tangan’ Chef Cui ditambah gerakannya yang presisi membuat mie yang dihasilkan benar-benar tipis dan seragam.

Robot dengan bentuk unik ini dijual dengan harga sekitar 2 jt rupiah. Menurut pembuatnya, ini jauh lebih murah dibandingkan dengan membayar seorang chef 42,3 juta rupiah tiap tahunnya. Konsumsi listriknya juga terbilang rendah karena hanya menghabiskan 3 kWh/12 jam. Sampai saat ini robot Chef Cui sudah terjual lebih dari 3000 unit. Selain efisien, robot dengan bentuk mirip ultraman ini sukses mendatangkan pelanggan dengan atraksi memotong mienya.
 
Teknologi semacam ini memang sangat membantu manusia, namun di sisi lain penggunaannya perlahan-lahan bisa menyingkirkan tenaga kerja manusia. Mudah-mudahan kehadiran inovasi seperti chef robot ini bisa disikapi secara bijak dan tidak kebablasan agar nantinya manusia masih bisa menikmati hidangan buatan manusia asli.