A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jul, 29th 2015

Ruang Inovasi Bank



Bekerja di Bank memang terdengar membosankan. Tapi beberapa Bank punya "ruang inovasi" yang keren untuk kegiatan brainstorming kreatif. Bank-bank ini tidak hanya berkutat seputar debit dan kredit tetapi juga memberi ruang kepada pegawainya untuk menyalurkan berbagai ide-ide serta inovasi baru yang berguna untuk perkembangan bank tersebut.

Seperti yang ada di Bank Capitol One di Amerika, selain menyediakan ruang brainstorming, mereka bahkan mempunyai divisi inovasi tersendiri yang disebut para “entrepreneurs”. Untuk memudahkan dalam menuangkan ide mereka, ruang brainstorming didesain dengan konsep yang fun dan memancarkan semangat, tembok ruangan didesain menjadi whiteboard raksasa dari langit-langit hingga ke lantai sehingga setiap staf dapat menuliskan segala ide kreatif mereka untuk kemajuan bank.



Divisi inovasi di Capital One ini bertugas untuk menelurkan ide tentang pengembangan perusahaan ke depan, menganalisa tren konsumen, membuat prototype serta melakukan uji produk dan menjalin kerja sama dengan stakeholders. Menurut pihak bank, mereka mengawali proses inovasi ini dengan mencoba memahami konsumen secara mendalam, dengan lebih banyak bekerja daripada berencana, sehingga “desing thinking” merupakan metode utama dalam mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Selain Capital One, Commonwealth Bank juga mempunyai Innovation Lab yang bertugas menjadi inkubator seluruh ide yang berkaitan dengan perusahaan serta sebagai pendorong dalam pengembangan produk dan layanan baru dengan melibatkan konsumen, partner dan kalangan profesional.



Para pengunjung Innovation Lab bisa melihat data secara realtime, menganalisa tren, berdiskusi dan berkolaborasi dengan tim CommBank. Ditempat itu, pengunjung bisa mengetahui perjalanan dari sebuah ide hingga menjadi sebuah produk atau layanan. Jika berminat, anda juga bisa membuat ruang inovasi sendiri dirumah, yang perlu diperhatikan dalam membuat ruang inovasi antara lain warna dan pencahayaan yang bisa menstimulasi kreativitas, membagi ruangan ke beberapa zona untuk lebih memaksimalkan pikiran, memperhatikan detail seperti penempatan sofa hingga asesoris dan tentu saja anda bisa belajar dari para ahli.

Source : thefinancialbrand.com