A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jun, 25th 2015

Rumah Kapsul Ramah Lingkungan

Demi menjaga bumi yang semakin sakit, sekarang ini bahkan rumah pun harus ikut ramah lingkungan. Salah satunya dengan teknologi yang ditawarkan oleh rumah Ecocapsule.

Ecocapsule adalah sebuah rumah ramah lingkungan berbentuk kapsul yang dilengkapi dengan baling-baling di bagian atapnya. Sekilas, desain futuristiknya mirip seperti yang biasa kita lihat di film-film fiksi ilmiah.

Rumah-rumah mini canggih buatan arsitek asal Bratislava, Slovakia ini dikembangkan oleh Nice Visions. Ecocapsule memiliki tenaga listrik, air panas, toilet, dan ukuran yang hanya sebesar 4,4 meter serta berat 1.500 kg. Walaupun kecil, tapi Ecocapsule mampu menampung dua orang dewasa di dalamnya.



Selain itu, desain interior rumah kapsul ini terbilang cukup mewah. Interior rumah kapsul ini minimalis namun tetap elegan dan penuh dengan sentuhan modern yang mewah. Sama seperti rumah-rumah pada umumnya, Ecocapsule dilengkapi dengan dapur, toilet, dan shower air hangat, bahkan ada juga tempat penyimpanan barang-barang.

Rumah unik ini berukuran kecil dan bisa dibawa ke mana-mana. Cocok buat Anda yang suka kemping, penelitian di tengah hutan, ikut dalam tim tanggap darurat bencana, atau sekedar ingin bepergian di alam bebas. Terlebih rumah kapsul ini bisa ditenagai oleh tenaga angin dan tenaga surya sehingga tidak merepotkan dalam masalah kelistrikan. Karena ini pula rumah kapsul ini disebut sebagai ramah lingkungan.



Ecocapsule juga memiliki tenaga cadangan berupa baterai berkapasitas 9,774 Wh yang dapat memastikan rumah ini tetap menyala dan mengaktifkan rainwater system dimana nantinya Anda dapat langsung meminum air yang keluar dari ledeng rumah ini. Dengan teknologi ini, maka cadangan air bersih tentunya tidak jadi masalah lagi.

Rumah unik dan ramah lingkungan ini direncanakan akan mulai dipasarkan pada paruh kedua tahun 2016. Mudah-mudahan nantinya banyak arsitek dan desainer interior Indonesia yang mengadaptasi dan mewujudkan inovasi ini di Indonesia.

Source : www.ecocapsule.sk