A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Feb, 16th 2015

Rumah Mini Untuk Tuna Wisma

Di mana-mana, tuna wisma adalah persoalan sosial yang cukup pelik untuk diatasi, termasuk di negara maju seperti Amerika Serikat. Hal ini mendorong Gregory Kloehn, seorang seniman dan arsitek asal Oakland, California mempunyai sebuah ide cemerlang untuk membuat rumah mini mobile bagi para tuna wisma. Kloehn yang baik hati merasa keahliannya bukan cuma dibutuhkan oleh orang-orang berduit saja, karena biar bagaimanapun rumah adalah kebutuhan primer bagi setiap manusia. Kloehn pun memulai proyek rumah untuk para tuna wisma tersebut setelah menyadari bahwa ia bisa menerapkan keterampilan seni dan bangunan yang ia miliki untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

Karena saat itu ia bekerja sendiri dan tanpa adanya sponsor, langkah pertama Kloehn adalah pergi ke tempat penampungan sampah daur ulang di kawasan industri Oakland. Daerah ini memang rentan terhadap pembuangan limbah ilegal, sehingga benda-benda yang ditemukan di sini bebas yntuk diambil siapa saja. Ia memungut benda apa saja yang bisa dibuat menjadi project rumah mini-nya ini, misalnya palet kargo sebagai pondasi rumah, pintu kulkas sebagai pintu, atau lingkaran lubang pada mesin cuci sebagai jendela.

Setiap rumah yang ukurannya sebesar sofa itu memiliki roda sehingga bisa dipindah dan memiliki atap yang miring sehingga air hujan langsung terbuang. Karena dibentuk dari bahan-bahan seadanya, desain tiap rumah berbeda-beda, tidak ada satu rumah mini yang persis sama dengan rumah lainnya. Bentuknya tentu saja tergantung bahan yang tersedia di lapangan. Ada yang memiliki banyak cermin, bahkan ada juga yang memiliki rak.

Rumah-rumah mini tersebut memiliki atap yang lebih tinggi daripada tinggi tubuh penghuninya, walau sekecil apa pun ukuran atapnya. Kloehn meminta tolong sejumlah relawan dan anak muda dari berbagai sekolah untuk ikut membantunya membuat rumah-rumah mini yang unik ini. Yang terpenting, para tunawisma kini punya tempat berlindung yang layak dari panas dan hujan.