A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Dec, 02nd 2014

Rumah Sejuk Tanpa Pendingin Udara



Buat kita yang tinggal di daerah tropis, memiliki air conditioner (AC) di rumah sudah menjadi hal yang wajib. Padahal, AC turut menyumbang polusi udara berupa zat karbon bernama Chlorofluorocarbon (CFC). Jika satu rumah saja memiliki 2 AC, bayangkan jika menghitung jumlah rumah yang ada di Jakarta, lalu ditambah jumlah rumah se-Indonesia. Udara kita dipenuhi zat karbon yang berbahaya.

Sekelompok pelajar dari Institute for Advanced Architecture of Catalonia (IAAC) Spanyol menemukan satu cara yang lebih ramah lingkungan untuk mendinginkan ruangan secara alami. Jawabannya dengan menggunakan jenis materi bangunan terbaru bernama hydroceramics untuk hunian tempat tinggal.

Keramik jenis ini adalah gabungan keramik dengan bahan hydrogel.  Keramik didesain memiliki rongga sebagai tempat penyimpanan hydrogel. Hydrogel sendiri mampu beradaptasi dengan cuaca di luar seperti cuaca panas atau hujan.

Gel ini bisa berkembang 500 kali lebih besar jika terkena air. Jadi saat hujan, gel akan mengembang sambil menyimpan air di dalamnya.  Saat hari panas, hydrogel akan kembali menyusut dengan mengeluarkan uap air. Proses inilah yang mampu mendinginkan ruangan secara organik.

Dari data yang dikumpulkan para pelajar IAAC, suhu ruangan yang menggunakan hydroceramics bisa turun hingga 5 derajat celcius saat siang hari. Inovasi ini sekaligus mengurangi pemakaian AC di sebuah rumah dan menekan konsumsi listrik rumah tangga sebesar 28%. Tidak perlu ragu karena harga keramik hydrogel juga terbilang cukup ekonomis dibanding material keramik lain.

Mau tahu lebih lanjut tentang cara kerja hydroceramics? Lihat video penjelasan detail dari IAAC berikut ini.

hydroceramic from Pong Santayanon on Vimeo.