A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: May, 21st 2015

Sarung Tangan Iron Man Buatan NASA

Badan Antariksa AS (NASA) dan General Motors (GM) mengembangkan sebuah sarung tangan robot ala Iron Man yang bisa digunakan bukan hanya di luar angkasa, namun juga di bumi. Sarung tangan yang diberi nama K-Glove ini digunakan untuk pekerjaan di luar angkasa atau pekerjaan berat lainnya, dan juga dapat mengurangi resiko cedera penggunanya.

K-Glove ini memungkinkan penggunanya untuk memiliki kekuatan tambahan pada tangannya, seperti menggenggam obyek dengan erat. Selain itu, sensor yang terdapat di sarung tangan ini bisa mengetahui jumlah minimum gaya yang dibutuhkan untuk melakukan tugas sederhana seperti memegang palu, serta tidak perlu mengerahkan banyak tekanan ekstra pada obyek.

Sensor yang ada tersambung ke ujung jari sarung tangan yang bisa mendeteksi pengguna ketika sedang memegang sesuatu. Ketika sedang memegang, tendon sintetis secara otomatis akan bereaksi, menekan ujung jari hingga ke posisi pegangan dan menahannya hingga sensor terlepas.

Jika tanpa menggunakan K-Glove, astronot atau pekerja perakitan menggunakan tenaga 15-20 pon untuk memegang sebuah alat, tapi dengan menggunakan K-Glove cukup menggunakan tenaga 5-10 pon. Lebih irit tenaga.

Teknologi canggih pada K-Glove mampu membuat astronot memiliki kemampuan super seperti cyborg (perpaduan mesin dan manusia). Perangkat ini diharapkan dapat membantu astronot dalam melakukan penjelajahan luar angkasa yang lebih rumit.

Berat sarung tangan ini sekitar 2 pon (sekitar 0,9 kg), termasuk sebuah layar kecil untuk pemrograman dan sebuah batere ion lithium. Model berikutnya diharapkan lebih ringan dan tipis sehingga lebih nyaman jika dipakai.

Sebelum ini, NASA dan GM telah bekerjasama mengembangkan Robonaut, yaitu robot asisten yang telah membantu di stasiun luar angkasa internasional (ISS).

 

 

 

Source : gizmodo.com, gadgetynews.com