A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jun, 18th 2015

Semua Orang Bisa Jadi Penemu!

Alam menyediakan segala sumber daya untuk dibuat menjadi benda-benda yang bermanfaat bagi manusia. Entah itu secara langsung, maupun setelah melewati proses pembuatan yang rumit, awalnya beragam benda yang ada di sekitar kita berasal dari unsur-unsur alam seperti kayu, besi, kulit, baja dan aneka unsur lain.

Selama ratusan tahun, manusia membuat beragam alat langsung dari alam, hanya saja teknologi yang berkembang pesat menjadikan proses seperti ini menjadi jauh lebih rumit. Untuk menjadi seorang penemu, minimal dibutuhkan keahlian dalam bidang desain produk, belum lagi skill komputer dan bahkan bahasa pemrograman yang lumayan berat. Kenapa di saat zaman makin maju justru semakin sulit untuk bisa menjadi seorang penemu? Inilah yang menjadi konsep awal dari “MaKey-MaKey go”.

Jay Silver, sang penemu MaKey-MaKey go menyebut alat ini sebagai “penemuan untuk menjadi penemu”. Jangan bingung, karena memang MaKey-MaKey go adalah sebuah invention kit dengan kemampuan mengubah benda-benda di sekitar kita menjadi sensor sentuh interaktif yang bisa dihubungkan pada program komputer. Intinya makey-makey go adalah kunci untuk menciptakan sesuatu, seperti namanya : Make + Key = Makey!  

Kit ini terdiri dari Makey-makey, Alligator Clips dan USB Cable yang bisa dikreasikan untuk proyek-proyek seni, musik hingga teknik, baik untuk para pemula sampai mereka yang sudah benar-benar expert.

Alat ini berfungsi dengan prinsip konduktor, sehingga benda apapun yang setidaknya mempunyai sedikit saja sifat menghantarkan listrik akan dianggap komputer sebagai input controller biasa. Inilah mengapa Anda bisa membuat keyboard dari benda-benda seperti buah pisang, jeruk, daging, daun hingga goresan pensil.

Di tangan seorang anak kreatif penyuka musik, Makey-Makey Go bisa menyulap pisang jadi piano. Tapi di tangan orang yang lebih serius, alat ini bisa menjadi mouse yang bisa membantu anak dengan kelainan pada tangan. Benar-benar tidak ada batasan dari apa yang bisa diciptakan dengan invention kit ini.

Inilah sebuah teknologi yang tidak memanjakan manusia, namun memberikan kesempatan untuk terus menggali ide-ide kreatif yang ada di kepala kita. Jay Silver sang pencipta MaKey-MaKey Go percaya, bahwa untuk menciptakan dunia yang lebih baik, bukan hanya ide dan pemikiran para ilmuwan saja yang dibutuhkan, melainkan ide-ide kreatif dari seluruh manusia yang ada di muka bumi.  

Source : makezine.com, kickstarter.com