A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Jan, 22nd 2015

Sendok untuk Penderita Parkinson

Makan adalah suatu kebutuhan utama bagi manusia. Namun kegiatan sederhana seperti menyendok makanan dan menyuapkan ke mulut bisa menjadi cukup menyulitkan bagi mereka yang menderita penyakit tremor dan parkinson. Guncangan acak dari tangan sang penderita akan membuat makanan yang diambil menjadi berantakan.

Untuk itulah Liftware dibuat, sebuah sendok elektrik dengan rancangan algoritma khusus yang bisa menyeimbangkan goncangan tangan dari penderita parkinson. Teknologinya melakukan deteksi terhadap getaran tangan, kemudian membuat penyesuaian secara otomatis agar posisi sendok tetap seimbang. Dalam percobaannya pada penderita parkinson, Liftware spoon bahkan berhasil mengurangi goncangan dari sebuah sendok hingga 76%.

Sendok ini dirancang oleh Lift Labs yang baru-baru ini bergabung dengan Life Sciences, sebuah divisi dari Google X yang memang fokus terhadap kemajuan-kemajuan teknologi. Meskipun Google Life Science bukan merupakan tempat penelitian kesehatan, tapi sendok Liftware ini jelas akan banyak membantu penderita parkinson di seluruh dunia. Penyakit ini sendiri adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan tahun 1817 oleh Dr. James Parkinson. Parkinson menyerang sekitar 1 di antara 250 orang yang berusia di atas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang berusia di atas 65 tahun.

Saat ini memang belum banyak teknologi praktis yang diciptakan untuk meringankan beban mereka yang menderita sakit. Dengan Liftware spoon ini, orang dengan penyakit parkinson kembali mandiri, mereka tidak perlu lagi disuapi dan tidak perlu lagi merasa malu untuk makan di restoran atau sekedar makan malam di rumah bersama keluarga.

Alat-alat praktis seperti ini memang tidak menyembuhkan penyakit, mereka tetap hidup dengan tremor atau parkinson, tapi dengan perubahan positif yang bisa membuat mereka tersenyum.