A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

BIANG INOVASI

Whats Hot

Posted: Aug, 25th 2015

Solar Paper, Sumber Energi Portabel

Setelah sebelumnya lebih banyak digunakan dalam skala besar, saat ini penerapan teknologi panel surya telah menyebar ke beragam fungsi dengan mengoptimalkan tingkat efisiensi pengumpulan daya serta memperkecil ukuran cell. Kini sebuah inovasi dari Kick Starters menawarkan penerapan teknologi panel surya menjadi sebuah charger portabel bagi smartphone anda.



Alat yang diberi nama Solar Paper ini diklaim sebagai charger tenaga surya terkecil dan tertipis didunia. Ketika ditutup, Solar Paper mempunyai ukuran 19x9x1,1 sentimeter. Anda cukup membukanya seperti buku untuk memperlihatkan bagian solar cell-nya. Uniknya lagi, panel bisa diperluas dengan menyambungkan unit lain dengan engsel magnetik agar proses pengisian berjalan lebih cepat. Di bagian muka, Anda dapat melihat secara real-time arus yang dihasilkan Solar Paper lewat indikator LCD.



Solar Paper ditawarkan dalam ukuran daya 5 watt, 7,5 watt dan 10 watt, masing-masing dengan 2, 3 atau 4 panel surya. Dalam keadaan sinar matahari yang cerah, solar kertas berdaya 5 watt dapat mengisi iPhone 6 secara penuh dalam waktu 2,5 jam. Sejumlah device lain yang dikonfirmasi didukung Solar Paper meliputi iPad Air 2, console handheld, walkie-talkie dan action camera. Anda juga tak perlu cemas menaruhnya di luar ruangan sebab Solar Paper telah mendapatkan sertifikasi anti-air IPX64. Saat ini solar paper dijual seharga $ 79 untuk unit 5W, $ 109 untuk unit 7.5W, atau $ 139 untuk unit 10W.

Source: Kickstarter.com